@phdthesis{digilib70908, month = {January}, title = {IMPLEMENTASI METODE QIRA?AH DAN IMLA? DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI SALAFIYAH KASIM PLOSO SELOPURO BLITAR TAHUN AJARAN 2023/2024}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104020053 Salimna Birohmatin}, year = {2025}, note = {Nurul Huda, S.S., M.Pd.I}, keywords = {Metode Qira?ah dan Imla?; keterampilan membaca; Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70908/}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca dan menulis dalam pembelajaran Bahasa Arab pada peserta didik. Kurangnya metode pembelajaran yang menarik dan media yang kurang kreatif menjadikan banyak siswa yang tidak tertarik untuk memperhatikan guru ketika sedang pembelajaran Bahasa Arab dimulai sehingga mereka tidak paham dengan apa yang mereka pelajari. Adanya penerapan metode qir{\=a}?ah dan iml{\=a}? untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas V MI Salafiyah Kasim yang mana penelitian ini menggunakan jenis qir{\=a}?ah jahriyah dan iml{\=a}? manq{\=u}l yang bertujuan untuk mengetahui proses implementasi metode qir{\=a}?ah dan iml{\=a}? dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas V MI Salafiyah Kasim serta apa saja kesulitan dan hambatan dalam proses implementasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, yang berada di MI Salafiyah Kasim Ploso Selopuro Blitar, dengan teknik pengambilan data dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penelitian ini, menekankan pada proses implementasi metode qir{\=a}?ah dan iml{\=a}? dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas V MI Salafiyah Kasim. Jenis metode qir{\=a}?ah dan iml{\=a}? yang dilakukan yaitu metode qir{\=a}?ah jahriyah dan metode iml{\=a}? manq{\=u}l. Ketika metode qir{\=a}?ah jahriyah, guru akan membaca dengan suara yang keras dan ditirukan oleh siswa-siswi, kemudian beberapa siswa akan ditunjuk untuk maju ke depan melakukan kegiatan yang sama yaitu membaca dengan suara yang keras lalu ditirukan oleh teman sekelasnya. Dalam metode iml{\=a}? manq{\=u}l, guru menulis beberapa kosakata ke papan tulis lalu siswa menyalin ke buku tulis masing-masing setelah itu disetorkan kepada guru untuk dinilai lalu siswa diminta untuk membaca kembali apa yang ditulisnya. 2) Dalam proses implementasi kedua metode tersebut terdapat beberapa kesulitan dan hambatan, diantaranya sulitnya mengontrol siswa ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, kurangnya perhatian guru dan orangtua ketika di rumah sehingga siswa masih sangat acuh tak acuh dengan kemampuan pengetahuan mereka, faktor lingkungan yang masih sering ditiru oleh siswa dari siswa yang tingkatnya lebih tinggi dari mereka, dan siswa yang masih kurang percaya diri dalam pembelajaran Bahasa Arab.} }