TY - THES N1 - Dr. Irsyadunnas, M.Ag. ID - digilib70942 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70942/ A1 - Ranita, NIM.: 19102020071 Y1 - 2025/01/16/ N2 - Kenakalan siswa merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi di lingkungan sekolah dan dapat menghambat proses pembelajaran serta perkembangan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyabab siswa melakukan kenakalan dan bagaimana peran guru bimbingan dan konseling (BK) dalam upaya preventif, kuratif, dan rehabilitatif untuk menangani kenakalan siswa. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan data yang diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa di MA Madania Bantul ada dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berupa, kepribadian dan kebiasaan. Kemudian faktor eksternal berupa, lingkungan keluarga yang kurang mendukung (broken home), lingkungan sekolah (ajakan teman). Sementara itu peran guru BK tidak hanya sebagai konselor, tetapi juga sebagai fasilitator (pengelola program BK), pemberi informasi (informan), dan motivator bagi siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Guru BK; kenakalan siswa; MA Madania Bantul M1 - skripsi TI - PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI MA MADANIA BANTUL AV - restricted EP - 104 ER -