%A NIM.: 18104010071 Raved Aufa Muhammad %O Drs. Mujahid, M.Ag. %T STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER BTAQ DI SMPN 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA 2023/2024 %X Kemampuan peserta didik yang belum optimal dalam baca tulis Al-Qur’an,ْ halْ ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi kurangnya kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Sehingga strategi guru PAI sangat penting di dalam proses pembelajaran agar anak menjadi semangat dalam belajar membaca Al-Qur’anْ danْ cepat menerima materi tentang membaca Al-Qur’anْ yangْ disampaikan. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qu’anْ melaluiْ ekstrakurkulerْ BTAQ di SMPN 1 Seyegan, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya, dan bagaimana peningkatan kemampuan peserta didik setelah mengikuti ekstrakurikuler BTAQ. Tujuan penilitian ini adalah mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an,ْ mengetahuiْ faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strateginya, mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik setelah mengikuti ekstrakurikuler BTAQ di SMPN 1 Seyegan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode hasil nilai peserta didik. Strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’anْ melalui ekstrakurikuler BTAQ di SMP N 1 Seyegan yaitu memakai strategi group-individual learning. Metode yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’anْmelaluiْ ekstrakurikulerْ BTAQْ diْ SMPْ Nْ 1ْ Seyeganْ Yogyakarta yaitu menggunakan metode CBSA, klasikal, eksistensi, dan bila ada siswa yang sama tingkat belajarnya boleh dengan sistem tadarus dan bergilir membaca sekitar dua baris dan lainnya menyimak. Faktor yang mendukung yaitu adanya progam dari kemenag mengenai Tuntas Baca Tulis Al-Qur’anْ (TBAQ),ْ adanya kegiatan di luar KBM sepeti belajar dirumah atau guru ngaji, adanya program menghafal surat-surat pendek dan kerjasama pihak sekolah dengan wali murid. Faktor yang menghambat yaitu anak merasa malu untuk belajar, beberapa orang tua tidak atau jarang mengingatkan anak untuk mengaji, dan pertemuan disekolah yang terbatas. Peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’anْ siswaْ setelah mengikuti ekstrakurikuler BTAQ di SMP N 1 Seyegan Yogyakarta ada perkembangan atau peningkatan. Guru PAI sudah melakukan upaya atau treatment untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an.ْ Terutamaْ untukْ pesertaْ didikْ yangْ sebelumnyaْ telahْ mendapatkanْ pelajaran atau kegiatan-kegiatan yang mendorong pada peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an. %K kemampuan membaca Al-Qur’an,ْ ekstrakurikuler %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib70950