%A NIM.: 21102020020 Salsabil Intan Aprilia %O Prof. Dra. Siti Syamsiyatun, M.A. Ph.D. %T IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PUSAT PEMBELAJARAN PEREMPUAN DAN ANAK (P3A) OLEH LSM MITRA WACANA DI KULON PROGO %X Penelitian ini membahas implementasi pemberdayaan perempuan melalui Pusat Pembelajaran Perempuan dan Anak (P3A) oleh LSM Mitra Wacana di Kulon Progo. Program ini bertujuan meningkatkan kesadaran kritis perempuan terhadap hak-haknya serta mendorong partisipasi mereka dalam pembangunan desa. P3A hadir sebagai wadah pembelajaran berbasis komunitas yang menitikberatkan pada akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat bagi perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen dengan subjek penelitian terdiri dari anggota P3A, Community Organizer, dan Project Manager LSM Mitra Wacana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akses terhadap P3A terbuka bagi semua kalangan, termasuk laki-laki, sebagai bagian dari upaya membangun kesadaran kolektif tentang isu gender. Dalam aspek partisipasi, anggota aktif terlibat dalam kegiatan pelatihan, diskusi, serta advokasi kebijakan desa. Dari segi kontrol, anggota P3A memiliki kewenangan dalam menentukan arah program dan strategi pemberdayaan. Manfaat yang diperoleh meliputi peningkatan keterampilan individu, peningkatan partisipasi dalam perumusan kebijakan desa, serta penguatan jaringan sosial. Selain itu, P3A berdampak pada peningkatan kesadaran kritis perempuan, yang ditunjukkan melalui keberanian mereka dalam menyuarakan pendapat dan memperjuangkan hak-haknya di ruang publik. Kesimpulannya, P3A sebagai model pemberdayaan berbasis komunitas telah berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas perempuan, memperluas partisipasi mereka dalam pembangunan, serta membangun kesadaran kritis terhadap isu gender. %K pemberdayaan perempuan; LSM Mitra Wacana, P3A; kesadaran kritis %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib70987