%0 Thesis %9 Skripsi %A Azizah Rahmah, NIM.: 21102010001 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2025 %F digilib:70993 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K jurnalisme profetik; pembuatan artikel; kode etik %P 178 %T PRAKTIK JURNALISME PROFETIK PADA REDAKSI RAHMA.ID %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70993/ %X Pembuatan artikel pada media Islam perlu betul-betul memperhatikan bagaimana proses artikel itu dibuat, dimulai dari pemilihan isu hingga berita dipublikasi. Dalam jurnalisme, terdapat istilah jurnalisme profetik yang dalam penggunaannya mengedepankan empat sifat Rasulullah, yakni sidik, amanah, tablig, dan fatanah, Jurnalisme profetik adalah seluruh rangkaian kegiatan jurnalistik yang bermula dari mencari, mengumpulkan, mengolah data, hingga menyebarkannya dengan melibatkan fisik, intelektual, dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jurnalisme profetik pada redaksi Rahma.ID. Media Rahma.ID menjadi subjek yang dipilih untuk diteliti karena Rahma.ID merupakan salah satu media Islam daring yang fokus membahas isu-isu muslimah dan gender berdasarkan perspektif Islam. Konsep jurnalisme profetik milik Parni Hadi dan teori hierarki pengaruh oleh Shoemaker dan Reese menjadi konsep dan teori yang akan mengupas bagaimana Rahma.ID menerapkan jurmalisme profetik berkenaan dengan empat sifat Rasulullah dalam pembuatan artikelnya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif interaktif berupa studi kasus dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rahma.ID telah menerapkan konsep jurnalisme profetik dari Parni Hadi yang terdiri dari sidik, amanah, tablig, dan fatanah dalam kerja redaksinya, meskipun terdapat aspek yang perlu dipenuhi pada implementasi amanah, yaitu ditunjukkannya kartu pers ketika sedang mewawancarai narasumber. Penerapan jurnalisme profetik inilah yang kemudian menjadikan Rahma.ID sebagai salah satu media daring Islam yang mampu mendakwahkan nilai-nilai Islam melalui informasi-informasi yang berkaitan dengan kesetaraan gender, pernikahan dan pengasuhan, perempuan dan anak, serta pendidikan. Adapun berkaitan dengan isi dari informasi yang disajikan, Rahma.ID dipengaruhi oleh cara berpikir individu, media, dan ideologi yang berasal dari Muhammadiyah. %Z Irawan Wibisono, S.I. Kom, M.I. Kom