relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70997/ title: PENGEMBANGAN MODUL AJAR KIMIA ASAM BASA PADA TEMA PENGASAMAN LAUT INDONESIA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES creator: Hasna Hanifah Safitri, NIM.: 21104060041 subject: 540.7 Pendidikan Kimia description: Peserta didik sering mengalami kesulitan memahami relevansi konsep kimia karena pembelajaran kimia yang terpisah dari kehidupan nyata. Pendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) dapat mengintegrasikan isu sains sosial yang relevan dengan kimia, sehingga membantu peserta didik memahami konsep secara kontekstual. Salah satu isu sosial yang dapat diintegrasikan adalah isu pengasaman laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar kimia asam basa berbasis SSI pada tema pengasaman laut Indonesia menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) yang difokuskan hingga tahap development. Hasil menunjukkan bahwa modul ajar yang dihasilkan layak untuk digunakan dengan persentase penilaian ahli materi sebesar 98,33% dengan kriteria sangat baik, ahli media sebesar 91,7% dengan kriteria sangat baik, dan tiga reviewer guru kimia dengan rata-rata persentase sebesar 88,75% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul ajar kimia asam basa pada tema pengasaman laut Indonesia berbasis SSI layak untuk digunakan sebagai alternatif perangkat pembelajaran untuk diimplementasikan dalam pembelajaran kimia asam basa di kelas. Kata Kunci: Modul ajar, asam basa, pengasaman laut, socio-scientific issues date: 2025-03-25 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70997/1/21104060041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70997/2/21104060041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Hasna Hanifah Safitri, NIM.: 21104060041 (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR KIMIA ASAM BASA PADA TEMA PENGASAMAN LAUT INDONESIA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.