%0 Thesis %9 Skripsi %A Nisaaur Rofidah, NIM.: 21102020002) %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2025 %F digilib:71004 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K self management; prokrastinasi akademik; siswa %P 127 %T HUBUNGAN ANTARA SELF MANAGEMENT DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MA ASSA’IDIYAH MANYAR GRESIK %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71004/ %X Penundaan yang dilakukan siswa yang berkaitan mengenai bidang akademiknya disebut prokrastinasi akademik. Salah satu cara untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik adalah dengan Self Management. Self management penting untuk meningkatkan kemampuan individu, mengelola perilaku individu dalam mengarahkan dan mengatur diri sendiri guna meningatkan kemampuan dan mencapai kemajuan diri. tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengidentifikasi apakah terdapat hubungan antara Self Management dengan prokrastinasi akademik siswa di MA. Assa’idiyah Manyar Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research dengan Pendekatan Deskriptif kuantitatif. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan Skala Self management dari teori Gie, dan skala Prokrastinasi akademik dari teori Ferrari dkk. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh siswa aktif di MA. Assa’idiyah Manyar Gresik yang berjumlah 84 dan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment menggunakan IBM SPSS for windows versi 30.0. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan negatif dan signifikan antara self management dan prokrastinasi akademik Di MA. Assa’idiyah Manyar Gresik diperoleh nilai sig 0,000 (p > 0.05). Dengan nilai signifikansi interval korelasi berjumlah -0.831 yang mempunyai hubungan korelasi sangat kuat. Faktor penyebab prokrastinasi salah satunya adalah karena kurangnya kemampuan dalam Manajemen waktu, kontrol diri rendah dan melakukan akktivitas yang lebih menyenangkan. Peran dan keterlibatan guru BK sangat penting bagi siswa dalam meningkatkan self management dan menurunkan perilaku prokkrastinasi akademiknya. %Z A.Said Hasan Basri, S. Psi., M. Si