@mastersthesis{digilib71009, month = {March}, title = {VIRTUAL REALITY (VR) SEBAGAI MEDIA DAKWAH DALAM MEMBANGKITKAN SEMANGAT ?CINTA RASUL? PADA JAMA?AH REMAJA DI REAL MASJID 2.0 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 23202011007 Dira Ranisa}, year = {2025}, note = {Dr. Khadiq, S.Ag., M.Hum.}, keywords = {media dakwah; cinta Rasul; jama?ah remaja; Gen Z}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71009/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi virtual reality (VR) sebagai media dakwah yang dapat membangkitkan semangat cinta rasul pada jama?ah remaja, khususnya generasi Z di Real Masjid Yogyakarta. Terkait hal tersebut, penelitian ini menghadirkan dua rumusan masalah utama; Pertama, bagaimana virtual reality (VR) sebagai media dakwah dapat membangkitkan semangat cinta rasul pada remaja khususnya jama?ah atau pengunjung di Real Masjid 2.0 Yogyakarta? Kedua, bagaimana engagement (keterlibatan) jama?ah remaja di Real Masjid 2.0 Yogyakarta dalam menggunakan virtual reality (VR) sirah nabawiyyah? Dalam rangka memperoleh jawaban terhadap dua rumusan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggali pengalaman subjektif pengguna virtual reality (VR) yang ada di Real Masjid 2.0. Selain itu, penelitian ini juga mengadopsi dua teori utama, yaitu teori determinisme teknologi Mc Luhan dan teori uses and gratification Elihu Katz sebagai landasan dasar dalam menganalisa jawaban terhadap pertanyaan rumusan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa virtual reality (VR) sebagai media dakwah di Real Masjid 2.0 mampu membangkitkan semangat cinta rasul pada jama?ah remaja khususnya kalangan generasi Z melalui dua aspek utama, yaitu aspek media dan aspek pengguna. Dari sisi media, virtual reality (VR) menghadirkan lingkungan virtual atau virtual environment (VE) sirah nabawiyyah yang imersif, di mana elemen visual, audio, dan sentuhan (haptic) berperan dalam memberikan pengalaman yang mendalam terhadap sirah nabawiyyah. Kehadiran unsur presence dalam virtual reality (VR), yaitu ilusi bahwa pengguna benar-benar berada dalam lingkungan sirah nabawiyyah, turut memperkuat keterlibatan emosional. Kemudian, Penelitian ini menemukan bahwa engagement (keterlibatan) pengguna menjadi faktor dalam memperkuat semangat cinta Rasul yang dibangun melalui virtual reality. Hal ini dapat diketahui melalui motivasi dan gratifikasi pengguna dalam menggunakan virtual reality sirah nabawiyyah. Keragaman motivasi dan graritifikasi pengguna mempengaruhi intensitas keterlibatan pengguna yang bersifat kognitif dan afektif. Semakin tinggi keterlibatan, semakin besar pula dampak virtual reality (VR) dalam menanamkan nilai-nilai keislaman dan kecintaan kepada rasul. Dengan demikian, virtual reality (VR) tidak hanya menjadi alat penyampaian pesan dakwah yang inovatif, tetapi juga menawarkan pendekatan baru yang lebih sesuai dengan karakteristik remaja yang tergolong generasi Z yang cenderung aktif, visual, dan berbasis pengalaman.} }