TY - THES N1 - Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I, M.Pd.I ID - digilib71021 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71021/ A1 - Fikri Abdul Salam, nim.: 21104020072 Y1 - 2025/03/05/ N2 - Penelitian ini mengkaji konsep ?adad dan ma?dud dalam Al-Qur?an serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Arab melalui analisis nahwu dan metode pembelajarannya. Studi ini berfokus pada tiga surat dalam Al-Qur?an, yaitu Al-Baqarah, An-Nisa?, dan Al-Kahfi, serta perspektif kaidah nahwu yang terdapat dalam kitab Al-Fiyah Ibnu Malik, sehingga penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan ragam ?adad dan ma?dud dalam surat Al-Baqarah, An-Nisa? dan Al-Kahfi. (2) Mengetahui implikasi ?adad dan ma?dud dalam pembelajaran bahasa Arab. dan (3) Mengetahui metode pembelajaran ?adad dan ma?dud dalam surat Al- Baqarah, An-Nisa? dan Al-Kahfi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode kepustakaan (library research). Data berupa ?adad dan ma?dud dalam Al-Qur?an surat Al-Baqarah, An-Nisa? dan Al-Kahfi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi serta instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kartu data. Teknik analisis data berupa pengumpulan dan penentuan data, analisis dan identifikasi ?adad ma?dud, deskripsi dan implikasi pembelajaran, dan mendeskripsikan metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ditemukan 70 data yang terbagi ke dalam tiga surat. Pertama, terdapat 25 ?adad pada surat Al-Baqarah yang terdiri dari 22 ?adad mufrad, 1 ?adad murakab, 1 ?adad ?uqud, dan 1 sukuurul ?adad. Kedua, terdapat 26 ?adad pada surat An-Nisa yang terdiri dari 13 ?adad mufrad, dan 13 sukuurul ?adad. dan ketiga, terdapat 19 ?adad pad surat Al-Kahfi. Terdiri dari 16 ?adad mufrad, dan 3 ?adad tartiby. (2) Implikasi penting terhadap pembelajaran bahasa Arab, yaitu memperkuat pemahaman kaidah dengan menyesuaikan fleksibilitas bahasa, mengembangkan metode pembelajaran yang lebih kontekstual, serta meningkatkan kemampuan analisis peserta didik dalam memahami struktur bahasa Arab secara lebih kritis dan aplikatif. (3) dan dari hasil penelitian terdapat contoh-contoh ?adad ma?dud lengkap beserta i?rab serta penjelasan detailnya yang mana dapat digunakan oleh pemelajar tingkat pemula atau menengah sebagai acuan pembelajaran ilmu nahwu, dan metode pembelajaran dengan metode qawa?id yaitu mengidentifikasi pola ?adad dan ma?dud dalam Al-Qur?an, analisis kaidah nahwu, serta latihan dan penerapannya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - kajian analisis Nahwu; metode pembelajaran; ?Adad Ma?dud M1 - skripsi TI - AL-?ADAD WA-AL-MA?DUD FI AL-QUR'AN WA-ATHARUHU ?ALA TA?LIM AL-LUGHAH AL-?ARABIYAH : DIRASAH TAHLILIYAH NAHWIYAH WA-TARIQAH TA?LIMIHA AV - restricted EP - 158 ER -