relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71050/ title: STRATEGI TALAQQI DALAM METODE UMMI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI DI TPA AL HUDA SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL creator: Zulfa Devi, NIM.: 21104010027 subject: Pendidikan Agama Islam description: Strategi menghafal Al-Qur’an di lembaga pendidikan nonformal merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan guna memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran, karena dalam melafalkan Al-Qur’an mempunyai kaidah dan aturan tersendiri. Pembelajaran di lembaga pendidikan nonformal seperti TPA yang diselenggarakan di masjid dusun umumnya kurang diperhatikan dan belum memiliki sistem pembelajaran yang baik, sehingga kualitas hafalan santri juga kurang maksimal. Berbagai tantangan dan hambatan yang terjadi dalam proses belajar menghafal Al-Qur’an di lembaga pendidikan nonformal dicari untuk memilimalisir dampak negatifnya. Santri yang belum bisa membaca Al-Qur’an tentu bisa memiliki hafalan yang berkualitas dengan adanya strategi menghafal Al-Qur’an yang tepat. Strategi talaqqi dalam metode Ummi memiliki pendekatan langsung berhadapan antara guru dan santri, cara menghafal ayat demi ayat dengan contoh dan koreksi langsung dari guru. Metode Ummi memiliki sistem pembelajaran yang terstruktur untuk memaksimalkan tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan adanya kerjasama yang baik dari pengelolaan lembaga dan guru yang berkualitas maka akan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena secara mendalam. Penelitian ini mengidentifikasi penerapan, kendala, hal-hal yang menjadi sebab peningkatan kualitas hafalan, dan dampak penerapan strategi talaqqi dalam metode Ummi terhadap peningkatan viii kualitas hafalan santri. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat dua sumber data yang didapatkan dalam penelitian ini, sumber data primer yang diperoleh langsung dari informan yakni pengelola TPA Al Huda, guru metode Ummi, dan santri, serta observasi pembelajaran yang langsung dilakukan peneliti. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari wawancara dengan wali santri dan beberapa sumber tertulis. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini setelah mengumpulkan data, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, perpanjangan observasi, dan peer debriefing. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan strategi talaqqi dalam metode Ummi dilakukan dengan lima langkah yakni pengondisian santri, penanaman konsep, pemahaman konsep, keterampilan, dan evaluasi. (2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi talaqqi dalam metode Ummi di TPA Al Huda adalah kondisi santri yang kurang fokus, terdapat beberapa huruf yang terdengar mirip, dan kemampuan santri yang beragam. (3) Strategi talaqqi dalam metode Ummi dapat meningkatkan kualitas hafalan santri karena strategi talaqqi merupakan strategi efektif menggunakan pendekatan langsung antara guru dan santri, memiliki guru yang bermutu, sistem evaluasi yang terstruktur, murajaah (mengulang hafalan), dan dukungan orangtua. (4) Dampak penerapan strategi talaqqi dalam metode Ummi adalah peningkatan kualitas hafalan santri. Kata Kunci: Strategi Talaqqi, Kualitas Hafalan, Lembaga Pendidikan Nonformal. date: 2025-03-21 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71050/1/21104010027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71050/2/21104010027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Zulfa Devi, NIM.: 21104010027 (2025) STRATEGI TALAQQI DALAM METODE UMMI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI DI TPA AL HUDA SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.