relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71051/ title: PERSPEKTIF GURU PAI TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS 6 DALAM PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024 creator: Ru’uliyanah Sabrianti, NIM.: 21104010038 subject: Pendidikan Agama Islam description: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perspektif guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mengenai akhlak peserta didik kelas 6A dalam kaitannya dengan penggunaan aplikasi Tik Tok di MI Al-Huda Karangnongko. Seiring dengan kemajuan teknologi, media sosial seperti aplikasi Tik Tok semakin diminati oleh berbagai kalangan, termasuk peserta didik sekolah dasar. Jika digunakan secara bijak, aplikasi ini dapat memberikan dampak positif, seperti menjadi sumber pembelajaran dan wawasan baru bagi peserta didik. Namun, di sisi lain, aplikasi Tik Tok juga berpotensi memberikan pengaruh negatif karena adanya beberapa konten yang kurang sesuai untuk anak-anak. Hal ini dapat berdampak pada perkembangan akhlak peserta didik, baik dalam perilaku, sikap, maupun nilai-nilai kesopanan mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yang mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara Guru PAI kelas 6, Wali Kelas (Kelas 6A MI Al-Huda Karangnongko), Kepala Sekolah MI Al-Huda Karangnongko dan Peserta Didik (Kelas 6A MI Al-Huda Karangnongko) dan peserta didik kelas 6. Observasi pada penelitian ini digunakan untuk mengetahui akhlak peserta didik selama pembelajaran di kelas, sedangkan wawancara digunakan untuk mencari perspektif guru PAI terhadap akhlak peserta didik pada penggunaan aplikasi Tik Tok. Dokumentasi digunakan sebagai data pendukung. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan yang bertujuan untuk memperoleh Gambaran mengenai Perspektif guru PAI terhadap akhlak peserta didik kelas 6 dalam penggunaan aplikasi Tik Tok di MI Al-Huda Karangnongko. Hasil penelitian yang melibatkan guru PAI, wali kelas, dan kepala sekolah menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka menilai aplikasi TikTok berdampak negatif bagi peserta didik. Namun, ada beberapa guru yang justru melihat aplikasi tersebut memiliki sisi positif, khususnya dalam kaitannya dengan pembentukan akhlak peserta didik kelas 6 MI Al-Huda Karangnongko. Hal ini dibuktikan melalui perspektif para guru yang terlibat dalam penelitian, di mana dari delapan guru yang disurvei, lima diantaranya memiliki pandangan tidak menyukai aplikasi Tik Tok, sementara tiga guru lainnya bersikap netral terhadap aplikasi tersebut. Sebagian besar guru menilai bahwa tanpa pengawasan, aplikasi ini dapat berdampak buruk pada moral, akhlak dan perilaku peserta didik. Namun, aplikasi Tik Tok juga berpotensi meningkatkan kreativitas dan keterampilan digital jika digunakan dengan bijak. Oleh karena itu, pendekatan terbaik bukanlah larangan total, melainkan edukasi, bimbingan, dan komunikasi yang baik antara guru, orang tua, dan peserta didik. Dengan kerja sama yang kuat, diharapkan peserta didik dapat memanfaatkan aplikasi Tik Tok secara positif dan terhindar dari dampak negatifnya. Kata kunci: Aplikasi Tik Tok, akhlak peserta didik, media sosial, peran guru, pendidikan karakter. date: 2025-03-19 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71051/1/21104010038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71051/2/21104010038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Ru’uliyanah Sabrianti, NIM.: 21104010038 (2025) PERSPEKTIF GURU PAI TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS 6 DALAM PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.