eprintid: 71066 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/10/66 datestamp: 2025-05-15 03:27:01 lastmod: 2025-05-15 03:27:01 status_changed: 2025-05-15 03:27:01 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Luthfia Qothrunnada, NIM.: 21105020032 title: KEBERAGAMAAN SISWI MUSLIMAH DI SMP MARIA IMMACULATA MARSUDIRINI YOGYAKARTA (TINJAUAN DIMENSI KEBERAGAMAAN GLOCK AND STARK) ispublished: pub subjects: 297.28 subjects: 306.6 divisions: ag_ag full_text_status: restricted keywords: keberagamaan; kehidupan beragama Desta note: Prof. dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag abstract: Masa remaja merupakan fase penting dalam perkembangan individu, termasuk dalam aspek keberagamaan. Setiap remaja memiliki pengalaman unik dalam menjalankan nilai-nilai keagamaannya, terutama Ketika berada di lingkungan yang beragam. SMP Maria Immaculata Marsudirini Yogyakarta, sebagai lembaga pendidikan berbasis Katolik, menjadi tempat belajar bagi siswa dari berbagai latar belakang agama, termasuk Islam. Keberagaman ini menciptakan dinamika tersendiri dalam praktik keagamaan dan pembentukan identitas religious siswi muslimah di lingkungan sekolah. Adapun tujuan penelitian ini ialah ingin melihat bagaimana aspek-aspek keberagamaan siswi muslimah di SMP Maria Immaculata Marsudirini Yogyakarta terkait keyakinan, praktik ibadah, pengalaman, pemahaman, dan sikap keberagamaan. Serta melihat faktor-faktor yang memengaruhi keberagamaan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberagamaan siswia Muslimah di SMP Maria Immaculata Marsudirini Yogyakarta berdasarkan teori dimensi keberagamaan Glock and Stark. Keberagamaan merupakan aspek penting dalam kehidupan individu, terutama bagi siswi Muslimah yang menempuh pendidikan di sekolah berbasis Katolik. Penelitian ini mengeksplorasi lima dimensi keberagamaan, yaitu dimensi keyakinan, praktik ibadah, pengalaman keagamaan, pengetahuan agama, dan konsekuensi keberagamaan, guna memahami bagaimana siswi Muslimah mempertahankan identitas keagamaan mereka di lingkungan yang heterogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswi Muslimah di sekolah ini memiliki tingkat keberagamaan yang beragam. Pada dimensi keyakinan, 10 dari 10 informan menunjukkan keyakinannya kepada Allah SWT. Dalam dimensi ritual, 4 informan berusaha melaksanakan sholat secara rutin, tetapi 6 lainnya menunjukkan ketidakkonsistenan. Pada dimensi pengalaman, 7 informan mengalami dimensi pengalaman keagamaan yang kuat, seperti merasakan ketenangan setelah menjalankan sholat, sedangkan 3 informan lainnya tidak merasakan hal tersebut. Dalam dimensi pengetahuan, 3 informan menunjukkan pemahaman dasar yang cukup baik mengenai ajaran Islam, sementara 7 informan lainnya memiliki pengetahuan yang lebih terbatas. Dalam dimensi konsekuensial, 6 siswa menunjukkan penerapan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan mereka. Sedangkan 4 informan lainnya belum terlihat menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupannya. Dari penelitian ini juga menghasilkan faktor-faktor yang memengaruhi keberagamaan siswi muslimah di SMP Maria Immaculata Marsudirini Yogyakarta, yang terbagi menjadi faktor internal dan eksternal. Faktor internal, yang berkaitan dengan kepribadian individu, memengaruhi 2 dari 10 informan, sedangkan faktor eksternal lingkungan keluarga memengaruhi 7 informan, dan 1 informan lainnya dipengaruhi oleh faktor eksternal lingkungan sekolah. date: 2025-03-11 date_type: published pages: 153 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Luthfia Qothrunnada, NIM.: 21105020032 (2025) KEBERAGAMAAN SISWI MUSLIMAH DI SMP MARIA IMMACULATA MARSUDIRINI YOGYAKARTA (TINJAUAN DIMENSI KEBERAGAMAAN GLOCK AND STARK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71066/1/21105020032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71066/2/21105020032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf