TY - THES N1 - Sukirnan, S.Ag, M.Pd ID - digilib71079 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71079/ A1 - Nur Azizah, NIM.: 99454222 Y1 - 2006/08/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang diberi pre lest dengan yang tidak diberi pre test, apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X MAN Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 20052006 sebanyak 166 siswa. Tehnik yang digunakan dalam pengambilan sarnpel adalah secara acak ( Random sampling ). Metode pengambilan data dilakukan dengan dua cara, yaitu; metode dokumentasi untuk rncngarnbil data pcngctahuan awal siswa dan mctodc tes untuk mcngambil data prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini diperoleh rerata prestasi belajar siswa yang diberi /Jre test adalah 6,50 dan siswa yang tidak diberi pre test adalah 6, 059. Analisa data kovarian diperoleh harga Fo 2,330 (p< 0,005). Hasil penelitian ini mernberikan kcsirnpulan bahwa tidak ada perbedaan yang bcrmakna (signifikan) antara siswa yang dibcri pre test dengan siswa yang tidak diberi pre test apabila pcngctahuan awal dikcndalikan sccara statistik. Hal tersebut berarti bahwa pemberian pre test tidak membcri pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar kimia siswa kelas X semester I MAN Suruh Kabupaten Semarang. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - pembelajaran Kimia; sumber belajar M1 - skripsi TI - PENGARUH PEMBERIAN PRE TEST TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISW A KELAS X SEMESTER I MAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006 AV - restricted EP - 71 ER -