@phdthesis{digilib71084, month = {March}, title = {PENGARUH SIKAP DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs NEGERI PIYUNGAN BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 01420885 Fahrudin}, year = {2006}, note = {DR.H. A. Janan A, MA}, keywords = {metode mengajar; minat belajar; guru}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71084/}, abstract = {Permasalahan dalam penelitian ini adalah minat belajar bahasa Ara1: siswa MTs Negeri Piyungan Bantul dapat dikategorikan ke dalam taraf renl:ah. Hal ini dikarenakan mayoritas siswa berlatarbelakang Sekolah Dasar kurang lebih 90 \%, sehingga mereka asing dengan pelajaran bahasa Arab ini dan harus n, ::nyesuaikan diri lagi dengan pelajaran baru mereka. Adapun tujuan dari peneliti,-n ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh sikap dan metode rnugajar guru terhadap minat belajar bahasa Arab siswa MTs Negeri Piyungan Bantul. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Piyungan I Bantul Tahun Ajaran 2005/2006 sebanyak 435 siswa. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling yaitu teknik pene1itian sampel berdasarkan heterogenitas populasi atau terdiri atas kelompok-kelompok atau bertingkat yaitu siswa kelas VII, VIII, {\ensuremath{<}}lan kelas IX MTs Negeri Piyungan Bantul. Penulis mengambil sampel sebanyak 30 \% dari populasi siswa, sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 130. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket sebagai instrumen penelitian yang utama dibantu dengan metode observasi, dokumentasi, dan interview untuk kedalaman pengun- ;)ulan data. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas angka. Hasil uji validitas untuk agket sikap guru, metode mengajar guru, dan minat be1ajar bahasa Arab siswa masing-masing adalah 10 butir soal val id dan 5 butir soa1 tidak valid, 9 butir soal valid dan 6 butir soal tidak valid, d,m 10 hutir soal valid dan 5 butir soal tidak valid. Sedangkan hasil uji reliabilita,; untuk angket sikap guru, metode mengajar guru, dan minat belajar bahasa Arab siswa masing-masing adalah 0,7495, 0,7019, dan 0,7860 sehingga angket dinyatakan reliabel; ., ,alisis data menggunakan rumus Regresi Ganda dengan bantuan komputer program SPSS versi 12.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan : I) Ada pengaruh yang positif signifikan antara sikap guru terhadap minat belajar bahasa Arab siswa. Hal ini liitunjukkan oleh harga koefisien detenninasi ( rx1 v 2) sebesar 0,33. 2) Ada pei:,;aruh yang positif signifikan antara metode mengajar guru terhadap minat beL '.jar bahasa Arab siswa. Hal ini dit1Jnjukkan oleh harga koefisien determinasi ( r xy 2) sebesar 0,231. 3) Ada pengaruh yang positif signifikan antara sikap hcrsama-s .ma dengan metode mengajar guru terhadap minat belajar bahasa Arab sis{$\backslash$}{$\backslash$} .. . Hal ini ditunjukkan oleh harg:i koefisien detenninasi ( R 2) sebesar 0,501. Adapun besarnya Sumbangan Efektif sikap guru terhadap minat belajar bahasa {$\backslash$}rah siswa MTs Negeri Piyungan Ba.'ltul sebesar 30,06 \%, dan Sumbangan Efe; .df metode mengajar guru terhadap minat belajar bahasa Arab siswa MTs Negt.; I Piyungan Bantul sebesar 20,00 \%. Dari sini dapat disirnpulkan bahwa sikap gt, ulah yang lebih besar pengaruhnya terbadap min.at belajar bahasa Arab siswa jika dibandingkan dengan pengaruh meto.Je mengajar guru. ?} }