%0 Thesis %9 Skripsi %A Fahrudin, NIM.: 01420885 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2006 %F digilib:71084 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K metode mengajar; minat belajar; guru %P 155 %T PENGARUH SIKAP DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs NEGERI PIYUNGAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71084/ %X Permasalahan dalam penelitian ini adalah minat belajar bahasa Ara1: siswa MTs Negeri Piyungan Bantul dapat dikategorikan ke dalam taraf renl:ah. Hal ini dikarenakan mayoritas siswa berlatarbelakang Sekolah Dasar kurang lebih 90 %, sehingga mereka asing dengan pelajaran bahasa Arab ini dan harus n, ::nyesuaikan diri lagi dengan pelajaran baru mereka. Adapun tujuan dari peneliti,-n ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh sikap dan metode rnugajar guru terhadap minat belajar bahasa Arab siswa MTs Negeri Piyungan Bantul. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Piyungan I Bantul Tahun Ajaran 2005/2006 sebanyak 435 siswa. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling yaitu teknik pene1itian sampel berdasarkan heterogenitas populasi atau terdiri atas kelompok-kelompok atau bertingkat yaitu siswa kelas VII, VIII,