TY - THES N1 - DR.H. A. Janan A, MA ID - digilib71084 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71084/ A1 - Fahrudin, NIM.: 01420885 Y1 - 2006/03/29/ N2 - Permasalahan dalam penelitian ini adalah minat belajar bahasa Ara1: siswa MTs Negeri Piyungan Bantul dapat dikategorikan ke dalam taraf renl:ah. Hal ini dikarenakan mayoritas siswa berlatarbelakang Sekolah Dasar kurang lebih 90 %, sehingga mereka asing dengan pelajaran bahasa Arab ini dan harus n, ::nyesuaikan diri lagi dengan pelajaran baru mereka. Adapun tujuan dari peneliti,-n ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh sikap dan metode rnugajar guru terhadap minat belajar bahasa Arab siswa MTs Negeri Piyungan Bantul. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Piyungan I Bantul Tahun Ajaran 2005/2006 sebanyak 435 siswa. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling yaitu teknik pene1itian sampel berdasarkan heterogenitas populasi atau terdiri atas kelompok-kelompok atau bertingkat yaitu siswa kelas VII, VIII,