eprintid: 71084 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/10/84 datestamp: 2025-05-22 07:55:58 lastmod: 2025-05-22 07:55:58 status_changed: 2025-05-22 07:55:58 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Fahrudin, NIM.: 01420885 title: PENGARUH SIKAP DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs NEGERI PIYUNGAN BANTUL ispublished: pub subjects: 492.7076 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: metode mengajar; minat belajar; guru note: DR.H. A. Janan A, MA abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah minat belajar bahasa Ara1: siswa MTs Negeri Piyungan Bantul dapat dikategorikan ke dalam taraf renl:ah. Hal ini dikarenakan mayoritas siswa berlatarbelakang Sekolah Dasar kurang lebih 90 %, sehingga mereka asing dengan pelajaran bahasa Arab ini dan harus n, ::nyesuaikan diri lagi dengan pelajaran baru mereka. Adapun tujuan dari peneliti,-n ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh sikap dan metode rnugajar guru terhadap minat belajar bahasa Arab siswa MTs Negeri Piyungan Bantul. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Piyungan I Bantul Tahun Ajaran 2005/2006 sebanyak 435 siswa. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling yaitu teknik pene1itian sampel berdasarkan heterogenitas populasi atau terdiri atas kelompok-kelompok atau bertingkat yaitu siswa kelas VII, VIII,