eprintid: 71086 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/10/86 datestamp: 2025-05-23 05:51:13 lastmod: 2025-08-27 03:28:08 status_changed: 2025-05-23 05:51:13 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: M. Azfar Rifki, NIM.: 21104020034 title: TA’THIR AL DAWAFI’ AL DAKHILIYYAH WA AL KHARIJIYYAH FI MAKHRAJAT TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH LI TULLAB AL SAFF AL HADY ‘ISHR FI MADRASAH MUHAMMADIYYAH AL KHAMSAH AL THANAWIYYAH YOGYAKARTA FI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2024/2025 ispublished: pub subjects: 492.77 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: hasil belajar; motivasi intrinsik; motivasi; ekstrinsik note: Dr. H. Zamakhsari, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap hasil belajar Bahasa Arab peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi dari 73 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai R Square sebesar 0,560 (56%), yang menunjukkan bahwa kedua variabel ini memepengaruhi hasil belajar sebesar 56%, sementara 44% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji F (simultan) menunjukkan bahwa Fhitung = 44,543 > Ftabel = 3,128, dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, yang mengonfirmasi bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar. Secara parsial, motivasi intrinsik memiliki thitung = 2,716 > ttabel = 1,995 dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05, yang berarti bahwa motivasi intrinsik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Sementara itu, motivasi ekstrinsik memiliki thitung = 10,765 > ttabel = 1,995 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan pengaruh signifikan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar. Namun, regresi menunjukkan bahwa motivasi intrinsik berpengaruh positif terhadap hasil belajar dengan koefisien regresi 0,517, sedangkan motivasi ekstrinsik memiliki pengaruh negatif dengan koefisien -0,927. Hal ini berarti peningkatan motivasi intrinsik cenderung meningkatkan hasil belajar, sedangkan peningkatan motivasi ekstrinsik justru dapat menurunkan hasil belajar. date: 2025-03-07 date_type: published pages: 131 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: M. Azfar Rifki, NIM.: 21104020034 (2025) TA’THIR AL DAWAFI’ AL DAKHILIYYAH WA AL KHARIJIYYAH FI MAKHRAJAT TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH LI TULLAB AL SAFF AL HADY ‘ISHR FI MADRASAH MUHAMMADIYYAH AL KHAMSAH AL THANAWIYYAH YOGYAKARTA FI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71086/1/21104020034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71086/2/21104020034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf