eprintid: 71094 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/10/94 datestamp: 2025-05-23 08:08:31 lastmod: 2025-05-23 08:08:31 status_changed: 2025-05-23 08:08:31 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: A. Khotibul Umam Muwaffiq, NIM.: 20102040072 title: IMPLEMENTASI MARKETING MIX DI PT. NUR RAMADHAN WISATA TAHUN 2024 ispublished: pub subjects: 658.802 divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: marketing mix; umrah; PT. Nur Ramadhan Wisata note: Aris Risdiana, S.Sos.I., MM abstract: Industri perjalanan ibadah umrah semakin kompetitif, sehingga perusahaan perlu menjalankan manajemen pemasaran yang efektif agar bisa menarik lebih banyak calon jemaah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menggali bagaimana perusahaan mengoptimalkan unsurunsur bauran pemasaran, yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, lalu menganalisisnya dengan teknik model interaktif Miles dan Saldana; data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Nur Ramadhan Wisata berhasil menimplementasikan Marketing Mix 7P dengan indikator masing-masing dari 7P sebagai berikut; me-launching produk dengan melakukan kajian pasar terlebih dahulu menyesuaikan dengan permintaan dan minat calon konsumen; harga berdasar biaya produksi-margin profit, promo, nilai yang diterima, persaingan dan target repeat order atau word of mouth; Lokasi fisik yang strategis di Jl. Monjali dan non fisik seperti aplikasi Bakkah by Nur Ramadhan dan platfrom media sosial; promosi dengan iklan berbayar (Google Adsense, Facebook Adsense dan Instagram Adsense) dan tidak berbayar (postingan IG, FB, Tiktok dan WA), penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung; Orang dengan pendidikan pesantren dan perguruan tinggi sebagai raw material dan pengayaan kompetensi melalui pelatihan, pengembangan dan sertifikasi BNSP; Proses dengan menerapkan kemudahan berupa layanan papperless; dan Bukti Fisik dengan membentuk NR Logistik yang khusus mengkaji Physical Evidence. date: 2025-03-10 date_type: published pages: 162 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: A. Khotibul Umam Muwaffiq, NIM.: 20102040072 (2025) IMPLEMENTASI MARKETING MIX DI PT. NUR RAMADHAN WISATA TAHUN 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71094/1/20102040072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71094/2/20102040072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf