TY - THES N1 - Asniyah Nailasariy, M.Pd.I ID - digilib71124 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71124/ A1 - Rizki Aji Hidayat, NIM.: 21104010091 Y1 - 2025/03/12/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah peneliti melihat keberagaman warga sekolah yang ada di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Hal ini bagaikan gambaran kecil bangsa Indonesia yang di dalamnya terdapat masyarakat dari berbagai macam latar belakang. Melihat kondisi tersebut peneliti tertarik ingin mengetahui secara dalam bagaimana upaya sekolah dalam membangun kerukunan, salah satunya melalui pembelajaran PAI. Membangun kerukunan melalui pembelajaran PAI yang di lakukan dengan menanamkan dalam diri peserta didik sikap toleran, sikap menghormati, dan menghargai perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek pembentukan sikap toleransi peserta didik dalam pembelajaran PAI, untuk mendeskripsikan cara pelaksanaan pembentukan sikap toleransi peserta didik dalam pembelajaran PAI, dan menganalisis problem serta tantangan dalam pembentukan sikap toleransi peserta didik dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dangan jenis penelitian lapangan (field research). Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang meliputi kepala sekolah, guru PAI, dan 10 siswa dari kelas X dengan mengambil latar SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta memiliki. (1) Aspek sikap toleransi peserta didik yang dibentuk dalam pembelajaran PAI adalah mengakui hak setiap orang, sikap menghormati, sikap menghargai atau saling mengerti, memberikan kebebasan dan kemerdekaan. (2) Cara pembentukan sikap toleransi peserta didik dalam pembelajaran PAI adalah menciptakan lingkunagn belajar yang ramah dan terbuka, mengembangkan keterampilan sosial dan ekonomi, menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, memberikan pemanfaatan media dan teknologi untuk meningkatkan toleransi, evaluasi dan penguatan nilai toleransi. (3) Problem dan tantangan dalam pembentukan sikap toleransi peserta didik dalam pembelajaran PAI yaitu pertama problem dalam pembentukan sikap tolransi peserta didik mencangkup faktor individu peserta didik, perbedaan pendapat peserta didik, dan pergaulan di luar sekolah. Kedua tantangan peserta didik dalam pembentukan sikap toleransi mencangkup pemahaman toleransi yang terbatas, keberagaman peserta didik, kurangnya kesadaran diri peserta didik, dan pengaruh media sosial. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembentukan Sikap KW - PAI KW - Sikap Toleransi M1 - skripsi TI - PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 140 ER -