%0 Thesis %9 Masters %A Rita Diana, NIM.: 23204021018 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:71131 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Pembelajaran Interaktif, ClassPoint, Pendekatan Struktural, Ṣarf %P 180 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CLASSPOINT DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL PADA MATERI ṢARAF DI PBA SEMESTER I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71131/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh variasi tingkat pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran ṣarf di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode diskusi aktif yang diterapkan sebelumnya telah mendorong mahasiswa untuk bertukar pemikiran dan menganalisis konsep secara kolaboratif, tetapi belum sepenuhnya efektif dalam meratakan pemahaman mereka. Akibatnya, masih terdapat kesenjangan dalam penguasaan materi. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan struktural. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis ClassPoint dengan pendekatan struktural pada materi ṣarf serta menguji kelayakan dan efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Marrie Branch (2009), yang terdiri atas lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Efektivitas media diuji menggunakan desain eksperimen one group pretest-posttest, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik SPSS 16, meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, paired sample t-test, dan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis ClassPoint dengan pendekatan struktural yang dirancang untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi Ṣaraf secara lebih efektif dan menarik. (2) hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media sangat layak dari segi materi dan media, serta mendapatkan respons positif dari mahasiswa; (3) uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mahasiswa, dengan nilai signifikansi uji paired sample t-test sebesar 0,000 (< 0,05), serta N-Gain Score sebesar 0.5508 yang dikategorikan "efektif." Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis ClassPoint dengan pendekatan struktural dapat menjadi inovasi yang mendukung pembelajaran ṣarf secara lebih interaktif dan merata. %Z Dr. Muhammad Ja'far Shodiq, S.Pd.I., MSI.