<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENAFSIRAN Q.S AN-NISA [4]:3 PERSPEKTIF MA’NA CUM MAGHZA SEBAGAI PERLINDUNGAN ATAS STEREOTIP JANDA DI INDONESIA"^^ . "Q. S An-Nisa [4]:3 merupakan ayat yang kerapkali dijadikan legitimasi\r\nuntuk melakukan poligami. Namun dalam konteks makro ayat ini juga menjadi\r\nwacana yang mengkaji stereotip terhadap janda, yang dilabelkan rentan dan\r\nmenjadi sasaran tantangan baik secara ekonomi maupun sosial. Penafsiran ulang\r\nQ. S. An-Nisa[4]:3 diperlukan untuk melawan stereotip tersebut, juga meninjau\r\nulang terkait pelabelan atau stereotip terhadap janda agar mendapatkan perspektif\r\nyang inklusif yang menjunjung tinggi hak-hak perempuan. Penelitian ini\r\nmenggunakan pendekatan teori ma‘na-cum-maghza. Teori pendekatan ma‘na-cummaghza\r\nmerupakan pendekatan yang didapatkan melalui tinjauan analisis tekstual\r\ndan kontekstual. Pendekatan ini bertujuan untuk mengetahui makna historis (alma‘\r\nna al-tarīkhiy), signifikansi fenomenal historis (al-maghza al-tarīkhiy), dan\r\njuga signifikansi fenomenal dinamis (al-maghza al-mutaḥarrik) dari Q.S An-Nisa’\r\n[4]: 3.\r\nAdapun jenis penelitian ini berbasis pada penelitian kepustakaan (library\r\nresearch) dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data primer yang digunakan\r\nadalah Q.S An-Nisa [4]: 3, dan sumber data sekunder yang digunakan adalah kamus\r\nLisan Al-‘Arab, Mu‘jam al-Mufahras li Alfaẓ Al-Qur’an al-Karīm dan Mu’jam\r\nMaqayis Al-Lughah sebagai sumber analisis bahasa, beberapa kitab tafsir klasik dan\r\nmodern, kitab dan buku sejarah, serta buku, jurnal, skripsi atau tesis yang terkait\r\ndengan objek penelitian ini. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui\r\nmodel deskriptif-analitik. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan\r\npendekatan ma‘na-cum-maghza. Ada beberapa tahapan yang dilakukan melalui\r\npendekatan ini, yang pertama adalah mengulik teks kebahasaan, dan menggali\r\nkonteks historis dari Q.S An-Nisa’ [4]: 3 untuk mendapatkan al-ma’na dan almaghza\r\nal-tarīkhiy. Tahapan kedua yakni menemukan signifikansi dinamis dan\r\nrelevansinya dengan stereotip janda di Indonesia.\r\nHasil dari penelitian ini adalah, pertama, makna historis (al-ma‘na altarīkhiy)\r\ndari Q.S An-Nisa’ [4]: 3 ialah berkenaan dengan setelahnya perang uhud\r\nyang cukup banyak menggugurkan kaum muslim, sehingga banyak meninggalkan\r\nanak yatim dan janda. Juga dengan nuansa masyarakat arab yang sangat patriarkal\r\nyang akhirnya menyebabkan keduanya terlabel sebagai seorang yang lemah atau\r\ndhoif. Kedua, signifikansi fenomenal historis (al-maghza al-tarīkhiy) QS. An-Nisa’\r\n[4]: 3 ialah larangan terhadap tindak ketidakadilan atau larangan berpoligami,\r\nproteksi/perlindungan terhadap hak anak yatim dan janda, juga pengakuan terhadap\r\nhak-hak perempuan. Ketiga, signifikansi tafsir ini berelevansi terhadap\r\npembentukan stereotip janda. Jika dahulu proteksi terhadap anak yatim dan janda\r\nmelalui institusi keluarga atau dinikahi, maka hari ini sudah banyak yang dapat\r\ndilakukan dalam menghadapi masalah tersebut. Seperti pemberian akses sosial,\r\npendidikan dan kesehatan yang layak bagi anak yatim dan janda, sehingga\r\nkeduanya dapat mandiri dan berdaya baik secara finansial maupun secara sosial\r\npolitik."^^ . "2025-03-17" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21105030085"^^ . "Raudya Nurafifah"^^ . "NIM.: 21105030085 Raudya Nurafifah"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN Q.S AN-NISA [4]:3 PERSPEKTIF MA’NA CUM MAGHZA SEBAGAI PERLINDUNGAN ATAS STEREOTIP JANDA DI INDONESIA (Text)"^^ . . . . . "21105030085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENAFSIRAN Q.S AN-NISA [4]:3 PERSPEKTIF MA’NA CUM MAGHZA SEBAGAI PERLINDUNGAN ATAS STEREOTIP JANDA DI INDONESIA (Text)"^^ . . . . . "PENAFSIRAN Q.S AN-NISA [4]:3 PERSPEKTIF MA’NA CUM MAGHZA SEBAGAI PERLINDUNGAN ATAS STEREOTIP JANDA DI INDONESIA (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN Q.S AN-NISA [4]:3 PERSPEKTIF MA’NA CUM MAGHZA SEBAGAI PERLINDUNGAN ATAS STEREOTIP JANDA DI INDONESIA (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN Q.S AN-NISA [4]:3 PERSPEKTIF MA’NA CUM MAGHZA SEBAGAI PERLINDUNGAN ATAS STEREOTIP JANDA DI INDONESIA (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN Q.S AN-NISA [4]:3 PERSPEKTIF MA’NA CUM MAGHZA SEBAGAI PERLINDUNGAN ATAS STEREOTIP JANDA DI INDONESIA (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN Q.S AN-NISA [4]:3 PERSPEKTIF MA’NA CUM MAGHZA SEBAGAI PERLINDUNGAN ATAS STEREOTIP JANDA DI INDONESIA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN Q.S AN-NISA [4]:3 PERSPEKTIF MA’NA CUM MAGHZA SEBAGAI PERLINDUNGAN ATAS STEREOTIP JANDA DI INDONESIA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN Q.S AN-NISA [4]:3 PERSPEKTIF MA’NA CUM MAGHZA SEBAGAI PERLINDUNGAN ATAS STEREOTIP JANDA DI INDONESIA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN Q.S AN-NISA [4]:3 PERSPEKTIF MA’NA CUM MAGHZA SEBAGAI PERLINDUNGAN ATAS STEREOTIP JANDA DI INDONESIA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #71172 \n\nPENAFSIRAN Q.S AN-NISA [4]:3 PERSPEKTIF MA’NA CUM MAGHZA SEBAGAI PERLINDUNGAN ATAS STEREOTIP JANDA DI INDONESIA\n\n" . "text/html" . . . "297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir" . .