%A NIM.: 23205021010 Natasyah Sri Damayanti %O Prof. Dr. Sekar Ayu Aryani, M.A. %T PRODUKSI PENGETAHUAN WAHDAH ISLAMIYAH MELALUI HALAQAH TARBIYAH BAGI KOMITMEN BERAGAMA ROHIS SMAN 10 MAKASSAR %X Penelitian ini berfokus pada Produksi Pengetahuan Wahdah Islamiyah melalui Halaqah Tarbiyah bagi Komitmen Beragama Rohis SMAN 10 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana Halaqah Tarbiyah berperan dalam membentuk dan mentransfer pengetahuan keagamaan kepada siswa Rohis, serta bagaimana mengeksplorasi fungsi Murabbi sebagai otoritas epistemik dalam memastikan validitas serta kebenaran informasi keagamaan yang diperoleh oleh siswa melalui interaksi dalam Halaqah Tarbiyah sehingga membentuk komitmen beragama siswa rohis. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan sosiologi dan psikologi agama. Sumber data utama berasal dari observasi langsung, wawancara dengan siswa rohis dan Murabbi, serta analisis dokumen yang relevan. Data dikumpulkan melalui observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif Miles dan Huberman yang mencakup tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Halaqah Tarbiyah memberikan dampak yang signifikan terhadap komitmen beragama siswa Rohis di SMAN 10 Makassar. Berdasarkan teori Alvin Goldman, Halaqah Tarbiyah berfungsi sebagai ruang produksi pengetahuan dengan Murabbi sebagai otoritas epistemik, yang membentuk kepercayaan dan pemahaman agama siswa. Teori Glock & Stark juga menunjukkan bahwa lima dimensi keberagamaan, keyakinan, praktik keagamaan, pengelaman, pengetahuan, konsekuensi terlihat mengalami perubahan positif setelah siswa aktif dalam mengikuti Halaqah Tarbiyah. %K Produksi Pengetahuan, Wahdah Islamiyah, Halaqah Tarbiyah, Komitmen Beragama, Rohis %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib71178