eprintid: 71178 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/11/78 datestamp: 2025-06-02 07:58:55 lastmod: 2025-06-02 07:58:55 status_changed: 2025-06-02 07:58:55 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Natasyah Sri Damayanti, NIM.: 23205021010 title: PRODUKSI PENGETAHUAN WAHDAH ISLAMIYAH MELALUI HALAQAH TARBIYAH BAGI KOMITMEN BERAGAMA ROHIS SMAN 10 MAKASSAR ispublished: pub subjects: 2000 divisions: StudiAgamaAgama(S1) full_text_status: restricted keywords: Produksi Pengetahuan, Wahdah Islamiyah, Halaqah Tarbiyah, Komitmen Beragama, Rohis note: Prof. Dr. Sekar Ayu Aryani, M.A. abstract: Penelitian ini berfokus pada Produksi Pengetahuan Wahdah Islamiyah melalui Halaqah Tarbiyah bagi Komitmen Beragama Rohis SMAN 10 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana Halaqah Tarbiyah berperan dalam membentuk dan mentransfer pengetahuan keagamaan kepada siswa Rohis, serta bagaimana mengeksplorasi fungsi Murabbi sebagai otoritas epistemik dalam memastikan validitas serta kebenaran informasi keagamaan yang diperoleh oleh siswa melalui interaksi dalam Halaqah Tarbiyah sehingga membentuk komitmen beragama siswa rohis. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan sosiologi dan psikologi agama. Sumber data utama berasal dari observasi langsung, wawancara dengan siswa rohis dan Murabbi, serta analisis dokumen yang relevan. Data dikumpulkan melalui observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif Miles dan Huberman yang mencakup tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Halaqah Tarbiyah memberikan dampak yang signifikan terhadap komitmen beragama siswa Rohis di SMAN 10 Makassar. Berdasarkan teori Alvin Goldman, Halaqah Tarbiyah berfungsi sebagai ruang produksi pengetahuan dengan Murabbi sebagai otoritas epistemik, yang membentuk kepercayaan dan pemahaman agama siswa. Teori Glock & Stark juga menunjukkan bahwa lima dimensi keberagamaan, keyakinan, praktik keagamaan, pengelaman, pengetahuan, konsekuensi terlihat mengalami perubahan positif setelah siswa aktif dalam mengikuti Halaqah Tarbiyah. date: 2025-03-19 date_type: published pages: 131 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM thesis_type: masters thesis_name: other citation: Natasyah Sri Damayanti, NIM.: 23205021010 (2025) PRODUKSI PENGETAHUAN WAHDAH ISLAMIYAH MELALUI HALAQAH TARBIYAH BAGI KOMITMEN BERAGAMA ROHIS SMAN 10 MAKASSAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71178/1/23205021010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71178/2/23205021010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf