TY - THES N1 - Drs. Sutrisno, M.Ag ID - digilib71181 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71181/ A1 - Siti Aisyah, NIM.: 01410802 Y1 - 2005/07/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran KBK mata pelajaran PAI yang dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Cikarang Utara Bekasi, untuk mengetahui minat belajar siswa, dan untuk mengetahui implikasi metode pembelajaran KBK yang dilaksanakan terhadap minat belajara siswa kelas X SMA Negeri 1 Cikarang Utara Bekasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N Cikarang Utara Bekasi tahun pelajaran 2004/2005 sebanyak 393 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan sistem acak. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan 25 % dari populasi berdasar ketentuan Suharsimi Arikunto jumlah sampelnya sebanyak 90 siswa masing-masing dari 9 kelas diwakili 10 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dengan sistem penyekoran menggunakan skala likert 1-5, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis prosentase, dan analisis regresi tinier sederhana dengan alat Bantu computer program SPS edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih. Sebelun diadakan analisisi data, terlebih dahulu diuji dengan uji persyaratan analisisi yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode pembelajaran yang dilaksanakan adalah metode kesatuan dari beberapa metode yang digunakan dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada (metode variasi), metode ceramah, metode diskusi, metode Tanya jawab, metode sorogan dan hafalan, metode cerita, dan metode demonstrasi. (2) Siswa kelas X SMA Negeri 1 Cikarang Utara Bekasi mempunyai minat belajar PAI yang cukup tinggi. (3) Metode yang dilaksanakan mempunyai pengaruh terhadap minat belajar siswa, hal tersebut dibuktikan melalui perhitungan regresi dengan hasil yang diperoleh harga (r hitung) metode pembelajaran (X) terhadap minat belajar siswa (Y) adalah sebesar 0, 528, sedangkan harga tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan N = 90 adalah 0, 205. Analisis tersebut menghasilkan F regresi hitung sebesar 34, 076, sedangkan F tabel pada taraf signifikasni 5 % adalah 2, 316. oleh karena itu harga F hitung lebih besar dari F tabel (34, 076> 2,316). Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran (X) mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat belajar siswa (Y). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis nihil yang diajukan ditolak dan hipotesis alternative disetujui. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - minat belajar; tujuan pendidikan; metode pembelajaran M1 - skripsi TI - PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CIKARANG UTARA BEKASI AV - restricted EP - 220 ER -