@phdthesis{digilib71189, month = {April}, title = {STRATEGI GURU RUMPUN PAI DALAM MENCEGAH PERILAKU HEDONIS SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104010082 Sovia Nika Ashari}, year = {2025}, note = {Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si.}, keywords = {Strategi Guru Rumpun PAI, Perilaku Hedonis, Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71189/}, abstract = {Latar belakang masalah penelitian ini adalah globalisasi dan modernisasi membawa pengaruh besar terhadap pola hidup masyarakat, terutama remaja. Salah satu dampak negatifnya adalah munculnya perilaku hedonistik, yaitu gaya hidup yang berfokus pada kesenangan dan kepuasan materi. Perilaku ini banyak ditemukan di kalangan siswa SMA, yang terpengaruh oleh tren global, media sosial, dan lingkungan sekitar. Hedonisme dapat mengganggu konsentrasi belajar, menimbulkan perilaku menyimpang, serta bertentangan dengan nilai-nilai moral dan ajaran agama. Oleh karena itu, peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting dalam membimbing dan mencegah perilaku hedonistik. Bahwa pendidikan agama dapat membantu mengendalikan tingkah laku remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perilaku hedonis siswa, strategi guru rumpun PAI dalam mencegah perilaku hedonis siswa, faktor yang menyebabkan perilaku hedonis dan faktor yang dapat menghambat perilaku hedonis siswa kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini guru PAI dan siswa kelas X. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Bentuk perilaku hedonis siswa ada tiga yaitu konsumtif, trendy, dan bersikap egois. 2) Strategi yang dilakukan guru rumpun PAI dalam mencegah perilaku hedonis ada tiga yaitu: a) memberikan himbauan dan nasehat, b) penanaman akidah dan akhlak dalam pembelajaran, c) penanaman akhlak dalam kebiasaan dan kegiatan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang efektif dalam mencegah perilaku hedonis siswa adalah menggunakan metode pembiasaan dengan menginternalisasi nilai moral melalui praktik, sehingga membentuk karakter positif secara berkelanjutan.3) Faktor yang menyebabkan perilaku hedonis siswa ada tiga yaitu: a) pengaruh teman sebaya, b) kurangnya komunikasi di dalam keluarga, c) penggunaan media sosial yang berlebihan. 4) Faktor yang dapat menghambat perilaku hedonis siswa ada tiga yaitu: a) pemahaman agama yang baik, b) kesejahteraan keluarga, c) lingkungan masyarakat yang positif.} }