%A NIM.: 21102010059 Cahyaning Widiya Yudiantari %O Dian Eka Permanasari, S.Ds., M.A. %T KOMODIFIKASI AGAMA PADA IKLAN POSTER HAUS! “HAUS PAHALA UNTUK PALESTINA” (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE) %X Penelitian ini mengangkat isu komodifikasi agama pada sebuah poster produk minuman Indonesia yang muncul bersamaan dengan memanasnya kembali perang dunia antara Palestina dan Israel. Penelitian ini menggunakan analisis semiotik Charles Sanders Pierce untuk mengidentifikasi tanda yang terdapat dalam poster tersebut, lalu kemudian diinterpretasikan berdasarkan teori komodifikasi agama. Data yang diperoleh pada penelitian ini didapatkan melalui studi literature pada buku, jurnal, skripsi, situs internet dan sumber lain yang relevan. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah tentang bagaimana suatu brand melakukan praktik komodifikasi agama melalui sebuah poster. Berdasarkan komodifikasi Vicent Mosco, poster Haus! memenuhi kriteria indikator komodifikasi agama dengan melibatkan simbol keagamaan sebagai konten yang dikomodifikasi, menargetkan suatu keyakinan sebagai segmentasi pasar, dan mengeksploitasi donatur dengan iming iming donasi atau sedekah. Hal itu diperkuat dengan pemaknaan objek objek yang terdapat didalam poster menggunakan analisis semiotik Charless Sanders Pierce. Elemen elemen tyang terdapat didalamnya dapat diinterpretasikan secara terperinci menunjukan adanya praktik komodifikasi agama, mulai dari bendera Palestina, kata “pahala” dan lain sebagainya. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kritis masyarakat terhadap motif bisnis, agar dapat mengindarkan dari eksploitasi simbol agama untuk sekedar mendapatkan keuntungan dan menghidari adanya penyimpangan dalam menggunakan simbol keagamaan. %K komodifikasi agama; poster; simbol; kemanusiaan; Palestina %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib71222