eprintid: 71252 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/12/52 datestamp: 2025-06-05 02:21:15 lastmod: 2025-06-05 02:21:15 status_changed: 2025-06-05 02:21:15 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Titi Marya Khati, NIM.: 99474364 title: KONTRIBUSI MUHAMMADIYAH TERHADAP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA ispublished: pub subjects: 297.77 subjects: muh divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: gerakan amal; Muhammadiyah; pembaharuan pendidikan Islam note: Drs. Muhammad Anis, M.A abstract: Organisasi Muhammadiyah dipilih sebagai contoh pembaharuan Islam yang menitikberatkan pada amal usaha pendidikan Islam yaitu memajukan dan mempengaruhi pendidikan dan kebudayaan serta memperluas ilmu pengetahuan, teknologi, dan penelitian menurut tuntunan Islam. Muhammadiyah mempunyai karakter yang mampu menyediakan wadah pendidikan bagi umat Islam yang mengacu kepada kesesuaian perkembangan zaman. Banyak lembaga pendidikan yang berbalik dari menentang Muhammadiyah mengembangkan pola pendidikan Islam tradisional sederhana menjadi lembaga-lembaga pendidikan Islam yang modern. Pola Pendidikan Islam modern yang dilakukan Muhammadiyah tersebut diikuti oleh organisasi-organisasi lainnya. Dengan demikian Muhammadiyah mempunyai andil yang besar dalam proses pembaruan sistem penddikan Islam di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi Muhammadiyah terhadap pemikiran pendidikannya terutama tentang pembaharuan sistem pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-analitis. Jenis penelitian ini adalah penelitian literer (library research) yang sumber datanya diperoleh dari kepustakaan. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Lahimya organisasi Muhammadiyah merupakan salah satu usaha kebangkitan umat Islam di Indonesia untuk memperbaharui pemahaman nilai-nilai Islam di Indonesia, guna membersihkan ajaran-ajaran Islam dari ketidakmurnian pengamalannya dalam masyarakat. Muhammadiyah memilih pendidikan sebagai basis pokok, guna menyebarluaskan ide pembaharuan dalam segala bidang menurut ajaran Islam. 2. Terjadi perkembangan pendidikan Islam di Indonesia pada awal abad XX. Munculnya sistem pendidikan madrasah sebagai model baru penyelenggaraan pendidikan Islam di Indonesia. Namum demikian bukan berarti sistem pendidikan Islam tradisional yang dalam hal ini dikategorikan dalam pendidikan surau dan pesantren menjadi hilang. Dengan sistem pendidikan yang sedemikian rupa, sistem pendidikan tradisional tetap bertahan dan eksis sampai sekarang, walau bukan berarti di dalamnya tidak terjadi berbagai perubahan. 3. Sebagai salah satu organisasi dengan karakter pembaharuan Islam, Muhammadiyah menunjukkan peranan yang besar terhadap komitmen untuk meningkatkan kemajuan pendidikan rakyat pribumi. Karena itu, perkembangan pendidikan Islam di Indonesia pada awal abad XX tidak dapat dilepaskan dari peranan Muhammadiyah. Muhammadiyah sangat giat dalam mengusahakan kemajuan pendidikan Islam di Indonesia. date: 2006-09-14 date_type: published pages: 93 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Titi Marya Khati, NIM.: 99474364 (2006) KONTRIBUSI MUHAMMADIYAH TERHADAP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71252/1/99474364_BAB%20I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71252/2/99474364_BAB%20II_BAB%20III.pdf