eprintid: 71304 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/13/04 datestamp: 2025-06-11 07:29:27 lastmod: 2025-06-11 07:29:27 status_changed: 2025-06-11 07:29:27 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ni’mah Faizah, NIM.: 19104020066 title: EFEKTIVITAS METODE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS N 10 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025 ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Metode Group Investigation, Pembelajaran Bahasa Arab, Siswa note: Nurhapsari Pradnya P,M.Pd.I abstract: Proses belajar mengajar bahasa Arab memerlukan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Penggunaan metode Group Investigation yang merupakan model pembelajaran kooperatif sebagai salah satu pilihan metode mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui nilai sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan metode Group Investigation, (2) mengetahui peningkatan nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan metode Group Investigation, (3) mengetahui seberapa tinggi tingkat efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan metode Group Investigation. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen (quasi experimental) dengan desain pre-test post-test control group yang mengambil latar di MTs N 10 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan soal tes. Analisis data meliputi pengujian hipotesis dan analisis deskriptif. Hipotesis penelitian diuji dengan uji Wilcoxon. Pengujian hipotesis dan uji pendahuluan dilakukan dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen adalah 48,75 dan nilai rata-rata pada posttest sebesar 83,75. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 43,75 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 61,88 (2) Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah 35. Sedangkan pada kelas kontrol peningkatan nilai pretest dan posttest adalah 18,13. (3) Tinggi tingkat efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan metode Group Investigation adalah 1,9 dan termasuk dalam kriteria tinggi date: 2025-04-23 date_type: published pages: 142 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ni’mah Faizah, NIM.: 19104020066 (2025) EFEKTIVITAS METODE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS N 10 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71304/1/19104020066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71304/2/19104020066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf