relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71305/ title: UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025 creator: Najma Aqila, NIM.: 21104010061 subject: 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter description: Keberagaman yang dimiliki negara Indonesia seringkali menimbulkan konflik karena perbedaan di tengah masyarakat tak terkecuali dalam beragama. Moderasi beragama menjadi hal yang sangat penting untuk terus dikembangkan khususnya di lingkungan pendidikan seperti Madrasah Aliyah. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan studi lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas wakil kepala madrasah bagian kurikulum, guru akidah akhlak kelas X, XI, dan XII, serta peserta didik kelas X. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga cara yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, nilai yang ditanamkan oleh guru akidah akhlak meliputi nilai tasamuh, nilai al-muwathanah, nilai an-la ‘unf, nilai i’tiraf al ‘urf, dan nilai qudwah. Kedua, upaya guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dilakukan melalui proses pembelajaran, pembiasaan hal-hal kecil, dan kegiatan-kegiatan madrasah. Ketiga, faktor yang mendukung upaya penanaman nilai moderasi beragama yakni dari segi pemahaman dan pengetahuan peserta didik, lingkungan atau tempat tinggal, dan kegiatan madrasah di luar jam pelajaran. Sedangkan kendala yang dialami yakni dari segi kurangnya wawasan serta interaksi sosial dari peserta didik. Dampak pada proses penanaman nilai-nilai moderasi beragama dari sudut pandang seorang pendidik masih terjadi di beberapa peserta didik saja. Hal ini dikarenakan perlunya waktu dan pengawasan yang intens untuk mengetahui dampaknya secara langsung ke seluruh peserta didik, sementara dari sisi peserta didik sudah tercermin penerapan dari lima nilai yang telah ditanamkan. date: 2025-04-23 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71305/1/21104010061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71305/2/21104010061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Najma Aqila, NIM.: 21104010061 (2025) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.