relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71355/ title: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN EDPUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA SORONG KELAS VII creator: Syarah Yunita, NIM.: 23204021009 subject: 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran subject: 492.78 Bahasa Arab - Media Pembelajaran description: Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan-permasalahan terkait pembelajaran bahasa Arab di MTs N Kota Sorong, antara lain: 1) siswa menganggap bahasa Arab lebih sulit dari bahasa lainnya, 2) media pembelajaran yang digunakan guru adalah buku dan power point (ppt), dimana media ini belum cukup meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab, 3) metode pembelajaran yang monoton yaitu drill dan menghafal kosakata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia pembelajaran bahasa Arab dengan edpuzzle dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs N Kota Sorong. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Kemudian data berupa angka-angka dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji N-Gain dengan bantuan aplikasi SPSS 23 for windows. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Multimedia pembelajaran bahasa Arab yang dihasilkan berupa video pembelajaran yang dikembangkan dari berbagai media dan diakses melalui aplikasi edpuzzle. Materi yang termuat dalam multimedia adalah materi kelas VII Semester genap dengan tema “العنوان ”, “البيت ” dan “الأسرة ”. 2) hasil uji kelayakan oleh ahli materi mendapatkan nilai persentase dari keseluruhan aspek sebesar 74% yang masuk dalam kategori “layak”, sedangkan oleh ahli media sebesar 96% dan termasuk dalam kategori “sangat layak”. 3) Uji t-test dilakukan pada nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan mendapatkan hasil 0,040 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa. sedangkan untuk hasil uji N-Gain mendapatkan skor 0,71 yang termasuk kategori “efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran bahasa Arab dengan edpuzzle efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. date: 2025-03-18 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71355/1/23204021009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71355/2/23204021009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Syarah Yunita, NIM.: 23204021009 (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN EDPUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA SORONG KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.