TY - THES N1 - Dr. Hj. R. Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag. ID - digilib71387 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71387/ A1 - Ananda Zalfa Firdaus, NIM.: 23204021032 Y1 - 2025/05/10/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mahasiswa generasi Z terhadap variasi model pembelajaran al-Kalam. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan desain model, mengembangkan model, dan mengetahui efektivitas model multiliterasi berbasis metode diskusi dalam pembelajaran mah?rah al-Kal?m. Penelitian menggunakan jenis research and development model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dokumentasi dan tes. Data berupa angka akan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, paired sample T-test, dan N-Gain dengan bantuan IBM SPSS 29. Hasil penelitian ini adalah 1.) Buku panduan model memiliki nama ?mudik? yang memuat sintaks dan ciri khas yang berbeda dengan model pembelajaran yang lain; 2.) Penilaian validasi ahli model dikategorikan sangat layak dengan persentase 92% dan mendapatkan respon positif dari mahasiswa; 3.) Uji efektivitas menyatakan meningkat dalam kemampuan al-Kalam dengan nilai signifikan uji paired sample T-test sebesar 0,000 (<0,05) dan N-Gain sebesar 0,5508 kategori efektif. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - metode diskusi; model multiliterasi; pembelajaran Maharah al-Kalam M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MODEL MULTILITERASI BERBASIS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN MAH?RAH AL-KAL?M MAHASISWA PBA S1 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 188 ER -