eprintid: 71388 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/13/88 datestamp: 2025-06-24 07:04:28 lastmod: 2025-06-24 07:04:28 status_changed: 2025-06-24 07:04:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Yulia Rakhma Salsabila, NIM.: 23204011058 title: PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN SOFT SKILL SANTRI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL ispublished: pub subjects: 370.114 divisions: pa_i full_text_status: restricted keywords: character strengthening; soft skills; Islamic Boarding School note: Dr. Muqowim S.Ag., M.Ag abstract: Pendidikan di Indonesia ini masih cenderung menitikberatkan pada penguasaan hard skill semata dibandingkan pengembangan kepribadian siswa baik itu interpersonal dan intrapersonal. Akibatnya, masih banyak lulusan yang memiliki kecerdasan dalam hal akademik tapi belum memiliki perilaku baik seperti kurangnya kedisiplinan, kejujuran dan tanggung jawab sebagai peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penguatan pendidikan karakter dan soft skill santri di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal, Proses implementasi dan dampaknya terhadap kepribadian santri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif interpretatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi pendidikan dan sosiologi pendidikan. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yaitu meliputi 4 Ustadz dan Ustadzah, 3 santri dan 1 alumni Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber triangulasi teknik dan triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data. Model data (data display) dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, Desain penguatan pendidikan karakter dan soft skill di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal di susun selaras dengan pendekatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mencakup 4 tahap utama: 1). Pengenalan, 2). Kontekstualisasi, 3). Aksi dan 4). Refleksi. Kedua, Proses penguatan pendidikan karakter dan soft skill di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal dilakukan melalui kegiatan pembiasaan yang terdiri dari kegiatan harian, kegiatan mingguan dan kegiatan tahunan. Keteladanan dan melalui kegiatan keorganisasian. Ketiga, hasil penguatan karakter dan soft skill di Pondok Pesantren Darul Amanah dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kepribadian santri seperti religius, disiplin, tanggung jawab, mandiri, percaya diri. date: 2025-05-06 date_type: published pages: 194 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Yulia Rakhma Salsabila, NIM.: 23204011058 (2025) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN SOFT SKILL SANTRI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71388/1/23204011058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71388/2/23204011058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf