TY - THES N1 - Asniyah Nailasariy, M.Pd.I. ID - digilib71389 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71389/ A1 - Dewi Setia Rahayu, NIM.: 21104010020 Y1 - 2025/05/08/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisisnya karakter pada kalangan remaja yang cukup tinggi di Indonesia. Remaja sebagai generasi penerus bangsa, ditemukan masih banyak melakukan pelanggaran-pelanggaran moral, sehingga terjadi krisis moral yang menyimpang. SMAN 5 Yogyakarta menghadirkan program sekolah afeksi sebagai upaya sekolah dalam pembentukan karakter, khususnya karakter religius sebagai muara dari semua karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program sekolah afeksi dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMAN 5 Yogyakarta, untuk mengetahui dampak implementasi program sekolah afeksi dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMAN 5 Yogyakarta, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi program sekolah afeksi dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMAN 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan langsung di lapangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini meliputi informan kunci, informan utama, dan informan pendukung. Waktu dan tempat pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada November 2024 - Februari 2025 di SMAN 5 Yogyakarta. Hasil data penelitian yang diperoleh, dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi untuk mengusi kredibilitas data, yaitu meliputi triangulasi metode, triangulasi sumber, dan triangulasi teori. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa 1) Implementasi program sekolah afeksi dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMAN 5 Yogyakarta diimplementasikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan keagamaan berbasis afeksi dengan menggunakan strategi utama yaitu pembiasaan di antaranya pembiasaan ibadah, pembinaan dan pendalaman kitab suci, dan pengajian-pengajian. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara program sekolah afeksi dalam pembentukan karakter religius, baik hablumminallah dan hablumminannas peserta didik di antaranya yaitu meningkatnya ibadah dan perubahan sikap serta perilaku peserta didik. 3) Adapun faktor pendukungnya di antaranya adalah adanya kebijakan program sekolah afeksi, adanya wakil kepala sekolah bidang afeksi, dan dukungan dari semua pihak. Sedangkan faktor penghambatnya di antaranya adalah kurangnya integrasi yang komprehensif, koordinasi pelaksanaan program yang mendadak, serta terbatasnya sumber dana dalam menjalankan program. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - sekolah afeksi; karakter religius M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH AFEKSI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMAN 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025 AV - restricted EP - 293 ER -