TY - THES N1 - Ika Kartika, S.Pd., M.Pd. Si. ID - digilib71391 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71391/ A1 - Gema Nur Qur?Aini Majid, NIM.: 21104050014 Y1 - 2025/05/20/ N2 - Permasalahan dalam pembelajaran fisika saat ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik, padahal kemampuan ini penting untuk dimiliki di abad ke-21. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah model pembelajaran inkuiri STEM yang memiliki tahapan: Identifikasi penetapan ruang lingkup masalah (Science, Technology, Mathematics), Perumusan Hipotesis (Science, Engineering), Pengumpulan Data (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), Interpretasi Data (Science, Mathematics), dan Pengembangan Kesimpulan (Science, Technology, Mathematics). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana pembelajaran fisika menggunakan model inkuiri STEM pada materi gelombang cahaya; 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri STEM terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya; 3) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model pembelajaran inkuiri STEM pada materi gelombang cahaya. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI F3 sebagai kelas eksperimen dan XI F2 sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest-posttest berupa soal uraian sebanyak 10 butir soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian diperoleh 1) model inkuiri STEM dapat diterapkan dengan baik dalam pembelajaran fisika. dilihat berdasarkan pengamatan oleh 2 orang observer dengan presentase sebesar 100%. 2) terdapat pengaruh model inkuiri STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dengan analisis uji Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa model inkuiri STEM memiliki pengaruh signifikan terhadap berpikir kritis peserta didik (p-value = 0,000 < 0,05), sehingga PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Model Inkuiri STEM; berpikir kritis; gelombang cahaya M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA PEMBELAJARAN FISIKA AV - restricted EP - 206 ER -