eprintid: 71391 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/13/91 datestamp: 2025-06-24 08:01:38 lastmod: 2025-06-24 08:01:38 status_changed: 2025-06-24 08:01:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Gema Nur Qur’Aini Majid, NIM.: 21104050014 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA PEMBELAJARAN FISIKA ispublished: pub subjects: 371.36 subjects: 530.7 divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: Model Inkuiri STEM; berpikir kritis; gelombang cahaya note: Ika Kartika, S.Pd., M.Pd. Si. abstract: Permasalahan dalam pembelajaran fisika saat ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik, padahal kemampuan ini penting untuk dimiliki di abad ke-21. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah model pembelajaran inkuiri STEM yang memiliki tahapan: Identifikasi penetapan ruang lingkup masalah (Science, Technology, Mathematics), Perumusan Hipotesis (Science, Engineering), Pengumpulan Data (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), Interpretasi Data (Science, Mathematics), dan Pengembangan Kesimpulan (Science, Technology, Mathematics). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana pembelajaran fisika menggunakan model inkuiri STEM pada materi gelombang cahaya; 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri STEM terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya; 3) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model pembelajaran inkuiri STEM pada materi gelombang cahaya. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI F3 sebagai kelas eksperimen dan XI F2 sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest-posttest berupa soal uraian sebanyak 10 butir soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian diperoleh 1) model inkuiri STEM dapat diterapkan dengan baik dalam pembelajaran fisika. dilihat berdasarkan pengamatan oleh 2 orang observer dengan presentase sebesar 100%. 2) terdapat pengaruh model inkuiri STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dengan analisis uji Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa model inkuiri STEM memiliki pengaruh signifikan terhadap berpikir kritis peserta didik (p-value = 0,000 < 0,05), sehingga date: 2025-05-20 date_type: published pages: 206 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Gema Nur Qur’Aini Majid, NIM.: 21104050014 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71391/1/21104050014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71391/2/21104050014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf