relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71393/ title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LAGU PEMBELAJARAN TERHADAP DAYA INGAT DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV MI AL HUDA KARANGNONGKO creator: Nabila Rahmadina Munir, NIM.: 21104080051 subject: 371.33 Media Pembelajaran description: Kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPAS memberikan berbagai materi serta istilah-istilah abstrak yang harus diingat oleh siswa. Pembelajaran yang sering hanya mengandalkan buku paket dan LKS dapat membuat siswa kurang tertarik akibat kurangnya variasi dalam pembelajaran sehingga menyebabkan siswa tidak fokus dan sulit mengingat materi pembelajaran. Atas hal tersebut dibutuhkan media yang dapat meningkatkan daya ingat siswa namun juga membuat suasana pembelajaran terasa menyenangkan. Salah satu media yang dapat digunakan ialah media lagu pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media lagu pembelajaran terhadap daya ingat pada pembelajaran IPAS di kelas IV pada materi wujud zat dan perubahannya serta seberapa besar peningkatan daya ingat setelah mempergunakan media lagu pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental menggunakan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV MI Al Huda Karangnongko tahun ajaran 2024/2025. Adapun sampel penelitian ini ialah siswa kelas IV C dengan jumlah 21 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik dan instrumen pengambilan data berupa wawancara, dokumentasi, dan soal tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis menggunakan paired sample t test dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media lagu pembelajaran terhadap daya ingat dalam pembelajaran IPAS siswa kelas IV MI Al Huda Karangnongko. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dimana diperoleh signifikasinya sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji N-Gain diperoleh hasil 0,5221 yang berarti pengaruhnya berada dalam kategori sedang dengan persentase peningkatan daya ingat siswa sebesar 52,21%. date: 2025-04-24 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71393/1/21104080051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71393/2/21104080051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Nabila Rahmadina Munir, NIM.: 21104080051 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LAGU PEMBELAJARAN TERHADAP DAYA INGAT DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV MI AL HUDA KARANGNONGKO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.