eprintid: 71394 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/13/94 datestamp: 2025-06-25 01:55:16 lastmod: 2025-06-25 01:55:16 status_changed: 2025-06-25 01:55:16 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Riky Supratama, NIM.: 23204011004 title: MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 297.77 divisions: pa_i full_text_status: restricted keywords: Islamic Religious Education; multiple intelligence note: Dr. Muqowim, S.Ag., M.Ag. abstract: Model Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta memiliki khas yang berfokus pada pemurnian akidah, penguatan pemahaman Al-Qur’an dan Hadis, serta pembentukan karakter Islami sesuai dengan nilai-nilai manhaj salafi. Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta merupakan salah satu sekolah berbasis salafi yang mengadopsi model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang tidak hanya menitikberatkan pada aspek kognitif melalui hafalan dan kajian kitab klasik, tetapi juga berusaha mengintegrasikan konsep kecerdasan, minat dan bakat peserta didik dalam sistem pembelajarannya, baik di sekolah maupun di lingkungan pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz, serta menganalisis implementasi model tersebut dalam perspektif kecerdasan majemuk peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan dua jenis triangulasi utama yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknis analisis data menggunakan analisis data Model Miles dan Huberman atau disebut dengan model interaktif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa model Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta didasarkan pada prinsip salafi yang menekankan pemurnian ajaran Islam sesuai Al-Qur'an dan Hadis, serta mengintegrasikan konsep kecerdasan majemuk dalam proses pembelajarannya. Model ini tidak hanya berfokus pada penguasaan materi keagamaan secara kognitif, tetapi juga ditujukan untuk membentuk karakter Islami peserta didik melalui pendekatan holistik yang mencakup aspek aqidah, bahasa, akhlak, tahfidz, dan akademik, baik melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Implementasinya dilakukan secara beragam, dengan metode yang menyesuaikan minat dan bakat peserta didik, sehingga mampu meningkatkan potensi dan keberhasilan belajar mereka. Meski demikian, evaluasi menunjukkan bahwa model ini masih perlu penguatan agar lebih responsif terhadap dinamika modern. date: 2025-05-06 date_type: published pages: 173 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Riky Supratama, NIM.: 23204011004 (2025) MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71394/1/23204011004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71394/2/23204011004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf