%A NIM.: 23204011083 Fitriana Setiawati %O Dr. Drs. Ichsan, M.Pd %T EFEKTIFITAS PENDEKATAN PSIKOLOGI POSITIF DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI MAN 1 SLEMAN %X Latar belakang dari penelitian ini muncul berdasarkan masalah serius terkait dengan kesehatan mental di kalangan remaja. Studi terbaru menunjukkan peningkatan kasus depresi, kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya di kalangan generasi muda. Faktor-faktor seperti tekanan akademik, ekspektasi sosial, dan lingkungan sering dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah psikologis siswa. Pelajaran PAI yang memiliki peran penting dalam memberikan bimbingan spiritual dinilai dapat menjadi media dalam membantu siswa mengatasi tekanan tersebut, dengan menggunakan pendekatan psikologi positif yang menekankan pada pengembangan kekuatan individu, seperti rasa syukur, optimisme, dan makna hidup, Integrasi nilai-nilai keagamaan dan prinsip-prinsip psikologi positif dalam pembelajaran PAI dapat menjadi strategi dalam meningkatkan kesejahteraan psikologi siswa. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kesejahteraan psikologi siswa yang mengikuti pembelajaran PAI dengan pendekatan konvensional, bagaimana kesejahteraan psikologi siswa yang mengikuti pemelajaran PAI dengan pendekatan psikologi positif dan apakah ada perbedaan antara siswa yang mengikuti pembelajaran PAI dengan menggunakan metode konvensional dan metode pendekatan psikologi positif di MAN 1 Sleman. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen yaitu metode berfungsi untuk mengetahui pengaruh percobaan/perlakuan terhadap karakteristik subjek yang diinginkan oleh peneliti. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, untuk variabel independen adalah psikologi positif, sedangkan untuk variabel dependen adalah kesejahteraan psikologis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X E1 sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional dan kelas X E2 sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran dengan pendekatan psikologi positif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang terdiri dari 30 butir pernyataan, yang telah melalui uji validitas dari 44 butir pernyataan yang diolah dengan alat bantu “SPSS ver 25 for windows”. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Berdasarakan penyajian data dan analisis diketahui nilai signifikasi sebesar 0,872 > 0,05, maka hipotesis alternatif (H0) diterima dan hipotesis nol (Ha) ditolak. Dengan begitu penelitian berjudul Efektifitas pendekatan psikologi positif dalam meningkatkan kesejahteraan psikologi siswa dalam pembelajaran PAI di MAN 1 Sleman dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kesejahteraan psikologis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Namun terdapat perubahan yang dapat dilihat dari hasil perhitungan pre-test dan post-test dari kedua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pre-test menunjukan bahwa kedua kelas memiliki tingkat kesejahteraan psikologis yang berbeda, yakni hasil posttest dari kelas kontrol tidak menunjukan adanya peningkatan dari hasil pretestnya, sedangkan tingkat kesejahteraan psikologi dari hasil nilai posttest kelas eksperimen terdapat peningkatan dari hasil pretest sebelumnya, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pendekatan psikologi positif dalam pembelajaran PAI dinilai efektif terhadap peningkatan kesejahteraan psikologi siswa. %K psikologi positif; kesejahteraan psikologis; pembelajaran PAI %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib71395