%0 Thesis %9 Skripsi %A Mutiara Tresna Dewi, NIM.: 20102020076 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2025 %F digilib:71490 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K individual counseling; social barriers %P 137 %T KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGATASI HAMBATAN SOSIAL SISWA DI MTs NEGERI 9 SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71490/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa hubungan sosial semakin kompleks seiring bertambahnya usia, sehingga kemampuan beradaptasi terhadap perubahan sosial menjadi sangat penting. Di lingkungan sekolah, siswa sering mengalami hambatan sosial yang dapat menghambat proses belajar, seperti kesulitan berinteraksi dengan guru dan teman sebaya, yang dapat berdampak negatif pada prestasi akademik dan kesehatan mental. Salah satu pendekatan untuk mengatasi hambatan sosial adalah konseling individu, melalui konseling individu memberikan siswa ruang untuk berbicara secara terbuka dan mendapatkan dukungan yang diperlukan oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan tahap-tahap konseling individu untuk mengatasi hambatan sosial siswa di MTs Negeri 9 Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga tahap konseling individu diantaranya, tahap awal, inti, dan tahap akhir. Dalam tahap awal yaitu menjadi kunci keberhasilan konseling karena memastikan konseli merasa nyaman, dihargai dan terbuka untuk berbicara. Tahap inti yaitu konselor mendalami dan menyelesaikan masalah konseli serta membantu dalam mengambil keputusan. Dan tahap akhir yaitu konselor menyimpulkan, merencanakan, mengevaluasi, dan mengakhiri konseling. %Z Ferra Puspito Sari, S.Pd., M.Pd.