eprintid: 71596 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/07/15/96 datestamp: 2025-07-04 07:57:00 lastmod: 2025-07-04 07:57:00 status_changed: 2025-07-04 07:57:00 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Emira Soviyana, NIM.: 18107020059 title: PENGARUH PROMO “TANGGAL KEMBAR” SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA ispublished: pub subjects: 301 divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: Promosi Shopee, Tanggal Kembar, Perilaku Konsumtif note: B.J. Sujibto, M.A. abstract: Perkembangan teknologi digital telah mendorong maraknya aktivitas belanja online melalui platform e-commerce, terutama setelah pandemi Covid-19. Shopee menjadi salah satu e-commerce yang paling diminati masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa, karena tidak hanya menyediakan berbagai produk, tetapi juga menawarkan promosi menarik seperti pada event tanggal kembar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promo tanggal kembar Shopee berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dan mengetahui berapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan teori konsumsi Jean Baudrillard yang membahas nilai tanda dan hiperrealitas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner online yang disebarkan melalui WhatsApp dan Instagram kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promo tanggal kembar Shopee berpengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, dengan nilai signifikansi 0,00 (< 0,05), sehingga hipotesis diterima. Besar pengaruh promo terhadap perilaku konsumtif adalah 24%, yang mencakup intensitas promosi, jenis promosi, dan pesan promosi. Faktor lain seperti motivasi pembelian dan persepsi produk juga turut memengaruhi. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 8,926 + 0,647X, yang menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu satuan pada promosi akan meningkatkan perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 0,647 satuan. date: 2025-05-09 date_type: published pages: 147 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Emira Soviyana, NIM.: 18107020059 (2025) PENGARUH PROMO “TANGGAL KEMBAR” SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71596/1/18107020059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71596/2/18107020059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf