@phdthesis{digilib7160, month = {November}, title = {EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CD E-LEARNING SMA MATEMATIKA DILENGKAPI METODE DISKUSI DAN PRESENTASI TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA (STUDI EKSPERIMEN DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA) }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {07600051 ACHMAD ILFAN RIFA?I }, year = {2012}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7160/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran CD e-Learning SMA Matematika dilengkapi metode diskusi dan presentasi terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Variabel yang diukur dari penelitian ini adalah minat belajar dan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika dengan pokok bahasan Dimensi Tiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah non-equivalent posttest-only control design. Subjek penelitiannya adalah peserta didik MAN LAB UIN Yogyakarta kelas X tahun ajaran 2011/2012. Dari populasi di sekolah yang diteliti diambil sampel 2 kelas homogen, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen (X-C) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (X-B). Dalam menentukan kelasnya diambil secara simple random sampling. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur minat belajar dan uji-T untuk menganalisis datanya serta soal posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan uji Mann-Whitney untuk menganalisis datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran di kelas kontrol ditinjau dari minat belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig(1-tailed) uji T yang kurang dari 0,05, yaitu 0,0455 {\ensuremath{<}} 0,05. Selanjutnya, hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kedua kelas berbeda, ditunjukkan oleh nilai sig. yang kurang dari 0,05, yaitu 0,017 {\ensuremath{<}} 0,05. Kemudian, dari rata-rata nilai posttest, kelas eksperimen lebih rendah dibandingkan kelas kontrol, sehingga pembelajaran di kelas eksperimen tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran di kelas kontrol ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci : Efektivitas, CD e-Learning SMA Matematika, Diskusi dan Presentasi, Minat Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis. } }