eprintid: 71607 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/16/07 datestamp: 2025-07-07 01:59:50 lastmod: 2025-07-07 01:59:50 status_changed: 2025-07-07 01:59:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Anisa Fadhlia, NIM.: 23204081017 title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD/MI ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: peserta didik; Higher Order Thingking Skill, IPAS; berpikir kritis. note: Dr. Sigit Prasetyo, S.Pd., M.Pd. Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) . 2) Menganalisis kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS). 3) Menganalisis keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Penelitian menggunakan metode pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu; Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, lembar validasi, lembar penilaian, lembar respon dan tes. Data pada penelitian ini dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif untuk menganalisis hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, dan validasi produk oleh para ahli. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data penilaian produk oleh praktisi, respon siswa, dan dilakukan untuk menganalisis uji efektivitas dengan membandingkan skor pretest dan posttest menggunakan uji paired sample t-test dan N-Gain berbantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan 1) Telah berhasil dikembangkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang dilakukan dengan menggunakan karakteristik model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan utama: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Dan karakteristik produk seperti berbasis HOTS, aktivitas dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, menyajikan masalah dalam aktivitas, menyajikan aktivitas berpikir kritis, membuat ilustrasi yang jelas, mendorong kolaborasi dan diskusi. 2) Telah diperoleh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang dinyatakan ―layak digunakan‖ bedasarkan validasi ahli materi dan media, hasil ketiga praktisi juga memperoleh persentase 98,45%, 92,30%, dan 92,30%, yang berkatagori sangat praktis. 3) Telah diperoleh produk yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis bedasarkan hasil uji Paired sample t-test yang menunjukkan nilai signifikan pada kemampuan berpikir kritis sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS). Kemudian untuk melihat seberapa efektif LKPD HOTS meningkatkan kemampuan berpikir kritis maka, dilakukan uji N-Gain. Dari uji N-Gain di dapati bahwa LKPD HOTS cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. date: 2025-06-16 date_type: published pages: 174 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Anisa Fadhlia, NIM.: 23204081017 (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD/MI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71607/1/23204081017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71607/2/23204081017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf