relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71610/ title: PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V MI ASH-SHIDDIQIYYAH PURWOREJO creator: Lia Faizatul Maula, NIM.: 18104080082 subject: 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran description: Penenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat berpikir kritis siswa terhadap materi, metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, serta cakupan materi IPS yang banyak dan luas akan tetapi tidak sebanding dengan alokasi waktu yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Ash-Shiddiqiyyah Purworejo melalui metode pembelajaran scramble. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ash-Shiddiqiyyah Purworejo yang berjumlah 25 siswa dan 1 guru wali kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini berupa analisis data tes yaitu dari hasil tes tulis yang diperoleh siswa di setiap akhir sklus dan analisis data observasi mengenai aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah siswa dapat menjawab pertanyaan dalam bentuk soal HOTS dengan tepat, siswa mampu mengemukakan alasan memilih jawaban,75% siswa mampu mencapai nilai tes di atas KKM yang sudah ditetapkan sekolah yaitu 70. Hasil peenelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran scramble dapat meningkatkan berpikir kritis siswa di kelas V MI Ash-Shiddiqiyyah Purworejo. Peningkatan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari uji paired sample t-test yaitu nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dimana menunjukkan 0,000 < 0,05. Maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu ada perbedaan rata-rata hasil tes siswa antara pra siklus dengan siklus II. Pada tahap pra siklus, ketuntasan klaksikal diperoleh 36% dengan nilai rata-rata 69,6. Setelah dilakukan tindakan siklus I, ketuntasan klaksikal meningkat menjadi 64% dengan nilai rata-rata 73,72. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kembali yaitu klaksikal menjadi 84% dengan nilai rata-rata 85. Ketuntasan klaksikal yang diperoleh pada siklus II dinyatakan telah melampaui kriteria ketuntasan minimum yang sudah ditetapkan yaitu 75%. date: 2025-06-12 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71610/1/18104080082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71610/2/18104080082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Lia Faizatul Maula, NIM.: 18104080082 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V MI ASH-SHIDDIQIYYAH PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.