relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71613/ title: PENGEMBANGAN LKPD IPAS BERBASIS P5-PPRA DI MI creator: Wahyu Ika Nur Aini, NIM.: 20104080037 subject: 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran subject: 372.2 Sekolah Dasar, SD description: Pada kurikulum merdeka, pembelajaran dituntut agar berpusat pada siswa. Salah satu karakteristik pada kurikulum merdeka yaitu terdapat pengembangan soft skill dan karakter melalui projek penguatan profil pelajar pancasila. Namun nyatanya penggunaan bahan ajar menggunakan LKPD banyak yang belum berpusat pada siswa dan belum ada LKPD yang berbasis P5-PPRA. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran LKPD IPAS berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin yang layak digunakan menurut para ahli, mengetahui respon praktisi dan peserta didik terhadap LKPD IPAS berbasis P5-PPRA, dan mengetahui dimensi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin yang terdapat dalam LKPD IPAS berbasis P5-PPRA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan model ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Brach. Pada penelitian ini peneliti menggunakan lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Subjek coba yang ada pada penelitian ini yaitu para ahli, guru kelas IV MI, dan peserta didik kelas IV MI. Data yang dijabarkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terbukti menghasilkan LKPD IPAS Berbasis P5-PPRA yang layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli bahasa, ahli media, respon praktisi, dan respon peserta didik. LKPD IPAS Berbasis P5-PPRA mendapat persentase skor sebesar 90% dari ahli materi yang masuk pada kategori ―Sangat Layak‖. Pada penilaian ahli bahasa mendapatkan persentase skor sebesar 96% yang masuk pada kategori ―Sangat Layak‖. Pada penilaian ahli media mendapat persentase skor sebesar 92% yang masuk pada kategori ―Sangat Layak‖. Serta respon praktisi pendidikan yaitu guru kelas IV mendapatkan persentae skor sebesar 87% yang masuk pada kategori ―Sangat Layak. Sedangkan respon peserta didik mendapatkan persentase skor sebesar 92% yang masuk pada kategori ―Sangat Layak‖. LKPD yang dikembangkan meliputi materi mengenal tanaman di lingkungan sekitar yang kegiatan di dalamnya terintegrasi dimensi P5 yaitu kreatif dan dimensi PPRA yaitu musyawarah. Materi mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan yang kegiatan di dalamnya terintegrasi dimensi P5 yaitu kreatif dan dimensi PPRA yaitu ta‘addub (berkeadaban). Materi menganalisis masalah tentang pelestarian SDA yang kegiatan di dalamnya terintegrasi dimensi P5 yaitu berpikir kritis dan dimensi PPRA yaitu musyawarah serta materi upaya pelestarian SDA yang kegiatan di dalamnya terintegrasi dimensi P5 yaitu kreatif dan dimensi PPRA yaitu ta‘addub (berkeadaban). date: 2025-05-07 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71613/1/20104080037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71613/2/20104080037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Wahyu Ika Nur Aini, NIM.: 20104080037 (2025) PENGEMBANGAN LKPD IPAS BERBASIS P5-PPRA DI MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.