%0 Thesis %9 Skripsi %A Afiyatunnufus, NIM.: 18104080041 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:71614 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K keterampilan membaca; flashcard; media pembelajaran; PTK %P 130 %T MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI KELAS II MIS AL-MA'ARIF BUNTET CIREBON %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71614/ %X Kemampuan membaca permulaan merupakan keterampilan fundamental dalam perkembangan akademik anak, khususnya di sekolah dasar. Namun, masih banyak siswa kelas II MI Al-Ma’arif Buntet Cirebon yang mengalami kesulitan dalam mengenali huruf, memahami kata, dan membaca dengan lancar. Rendahnya keterampilan membaca ini disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran dan minimnya partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media flash card dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan MC Taggart ang terdiri dari dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas II MI Al-Ma’arif Buntet Cirebon. Data dikumpulkan melalui observasi, tes membaca lisan, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk menilai peningkatan keterampilan membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa. Pada siklus I, ketuntasan belajar peserta didik mencapai 69,04%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93,77%, yang menunjukkan efektivitas metode ini dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flash card dalam pembelajaran membaca permulaan mampu meningkatkan pemahaman, kelancaran, serta keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Oleh karena itu, media ini direkomendasikan sebagai salah satu strategi pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan oleh guru untuk mendukung perkembangan literasi awal peserta didik %Z Fitri Yuliawati, S.Pd.Si., M.Pd.Si