@phdthesis{digilib71615, month = {June}, title = {ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BTAQ (BACA TULIS ALQUR?AN) SISWA KELAS IV MIN 1 SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104080074 Iis Siti Masitoh}, year = {2025}, note = {Dr. Nur Hidayat, M.Ag.}, keywords = {BTAQ; Al-Qur?an Tulis; Al-Itqan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71615/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program kegiatan Baca Tulis Al-Qur?an (BTAQ) yang bersifat wajib bagi siswa MIN 1 Sleman Yogyakarta. Kegiatan BTAQ ini merupakan bentuk usaha sadar untuk menyiapkan siswa memiliki kemampuan dalam membaca dan menulis Al-Qur?an yang baik dan benar. Indikator pembelajaran BTAQ terdiri dari makhraj, sifatul huruf dan tajwid. Siswa diharuskan dapat menguasai hukum ilmu tajwid agar sesuai dengan kaidah-kaidah al-Qur?an. Maka, Penelitian ini betujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan BTAQ siswa kelas IV dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan BTAQ di MIN 1 Sleman. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan penelitian yaitu guru pembimbing, kepala kurikulum BTAQ dan siswa kelas IV. Untuk menguatkan data didukung dengan tes tulis (pengetahuan) dan tes Praktik (keterampilan). Adapun analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Uji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber, metode dan waktu. dan metode analisis datanya tersusun atas 3 bagian, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) proses pembelajaran BTAQ di MIN 1 Sleman Yogyakarta dilakukan secara tatap muka pada pukul 06.00-07.30 WIB. Jadwal BTAQ untuk kelas IV dilaksanakan di hari selasa dan kamis. Terdiri dari 2 guru pembimbing dalam setiap kelas. Menggunakan metode Al-Itqan dan metode Al-Qur?an Tulis 2) Kemampuan membaca dan menulis Al-Qur?an siswa kelas IV sudah pada tahap Al-Qur?an. Capaian kemampuan dan kelancaran membaca Al- Qur?an siswa kelas IV termasuk pada kategori sedang dan tinggi, penguasaan materi tajwid yang masih rendah, dan ketepatan menulis ayat Al-Qur?an siswa menjadi baik. 3) faktor pendukung antara lain: peran orang tua, kegiatan TPA, buku Al-itqan (menghafal Al-Qur?an) dan buku Al-Qur?an Tulis (Follow the line). Adapun faktor penghambat: pengkondisian kelas, gadget, motivasi anak kurang dan waktu yang terbatas.} }