TY - THES N1 - B. J. Sujibto, S.Sos., M.A. ID - digilib71635 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71635/ A1 - Abdul Wahab Hasbullah, NIM.: 21107020045 Y1 - 2025/05/20/ N2 - Pandemi COVID-19 memaksa manusia untuk melakukan keragaman inovasi teknologi sebagai akses penunjang kehidupan sosial masyarakat, dan memanfaatkan ruang virtual untuk interaksi sektor sosial. Salah satu sektor yang memanfaatkan ruang virtual adalah pariwisata. Wisata virtual menjadi akses keberlanjutan alternatif waktu pandemi dan pasca pandemi sebagai penunjang hiburan praktis di waktu luang. Dalam penelitian penulis menyajikan pembahasan praktik wisata virtual yang digunakan pemuda urban di Yogyakarta sebagai negosiasi alternatif perjalanan. Penulis menelusuri faktor, motivasi dan pengalaman anak muda dalam melakukan wisata virtual sebagai bahan pembahasan dalam skripsi ini. Ada beberapa temuan penulis akan penelitian ini diantaranya; (1) pemuda menggunakan wisata virtual sebagai liburan alternatif praktis, (2) media sosial sebagai penggerak fasilitas wisata virtual, dan (3) pemuda memiliki imajinasi dan ekspresi yang fleksibel dan dinamis akan wisata virtual. Metode kualitatif digunakan untuk membaca bukti-bukti lapangan dengan intensif dan komprehensif terkait wisata virtual. Pendekatan fenomenologi menambahkan data-data lapangan terkait pengalaman subjek akan sensasi perjalanan wisata virtual. Pengumpulan data dilakukan bertahap dalam kurung waktu November hingga Desember 2023. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Wisata virtual KW - Pemuda KW - Urban KW - Waktu Luang M1 - skripsi TI - BERJELAJAH DALAM SENSASI: WISATA VIRTUAL SEBAGAI HIBURAN PRAKTIS PEMUDA URBAN AV - restricted EP - 160 ER -