%0 Thesis %9 Skripsi %A Amy Fitriani Siregar, NIM.: 23204021015 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:71649 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K website interaktif; Metode Duolingo; Nahwu %P 185 %T INOVASI WEBSITE INTERAKTIF DENGAN METODE DUOLINGO UNTUK MATERI NAHWU MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71649/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmerataan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi Nahwu khususnya mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) semester 2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode ceramah, media Power Point di kelas serta penyebaran pdf materi Nahwu dari dosen yang dilakukan selama ini belum sepenuhnya efektif dalam mengatasi ketidakmerataan pemahaman mahasiswa. Oleh karena itu, terdapat kesenjangan mahasiswa dalam penguasaan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa website interaktif berbasis metode Duolingo sebagai solusi alternatif dalam menyajikan materi Nahwu secara lebih menarik, sistematis, dan interaktif, serta untuk menguji efektivitas penggunaannya dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE oleh Marrie Branch (2009), terdiri dari lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi penelitian merupakan mahasiswa PBA semester 2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan sampel penelitian kelas 2A sebagai kelompok eksperimen dan 2C sebagai kelompok kontrol. Efektivitas pengembangan media diuji menggunakan model non-equivalent control group design, dengan pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi serta tes. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik dengan SPSS 22, meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, independent sample t-test, dan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Inovasi website interaktif dengan metode Duolingo untuk materi Nahwu mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan sistem skor, streak, level, kuis real-time untuk latihan soal, dan umpan balik hasil yang dirancang untuk membantu meningkatkan hasil belajar, dan terdiri dari 9 bab materi yang disajikan di dalam website. (2) uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar materi Nahwu mahasiswa, dengan nilai signifikansi pada uji independent sample t-test sebesar 0,000 (<0,05), dan uji NGain score kelompok eksperimen sebesar 60.57 dengan persentase 60.57% yang dikategorikan “cukup efektif” dan kelompok kontrol sebesar 7.36 dengan persentase 7.36% yang dikategorikan “tidak efektif”. Berdasarkan data tersebut, media website interaktif dengan metode Duolingo terbukti dapat menjadi inovasi media untuk mendukung pembelajaran materi Nahwu mahasiswa secara lebih interaktif dan merata. %Z Dr. Muhammad Ja’far Shodiq, S.Pd.I., M.SI