%A NIM.: 20104090021 Nur Sabrina Sorfina %O Dra. Wiji Hidayati, M.Ag. %T ANALISIS SWOT MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN NONFORMAL UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI SEKOLAH GAJAHWONG, KAMPUNG LEDHOK TIMOHO, KOTA YOGYAKARTA %X Pendidikan prasekolah diselenggarakan di samping pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi dengan tujuan memberikan landasan bagi tumbuhnya sikap, pengetahuan, kemampuan, dan kreativitas siswa. Pembentukan sikap yang baik seorang siswa dalam penyesuaian dengan diri sendiri maupun lingkungannya dapat dikembangkan melalui pendidikan karakter di sekolah. Kurikulum sebagai substansi dasar dalam pelaksanaan pendidikan agar berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan selaras dengan visi misi serta tujuan sekolah, maka perlu dilakukan manajemen yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana proses manajemen kurikulum di Sekolah Gajahwong, (2) apa saja faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (hasil dari analisis SWOT) pada manajemen kurikulum di Sekolah Gajahwong, (3) bagaimana strategi dalam meningkatkan pendidikan karakter anak berdasarkan analisis SWOT manajemen kurikulum di Sekolah Gajahwong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu (purposive sampling). Teknik pengumpulan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni kondensasi data, penyajian data (dan Analisis SWOT), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode untuk menjamin kredibilitas data. Penelitian dilakukan pada tanggal 28 November sampai 3 Desember 2024 di Sekolah Gajahwong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses manajemen kurikulum (planning, organizing, actuating, controlling) di Sekolah Gajahwong, (2) kekuatan lebih besar dari kelemahannya dan peluang juga lebih besar daripada ancaman. Sehingga hasil strategi yang tepat digunakan dalam manajemen kurikulum Sekolah Gajahwong adalah strategi S-O (Strength-Opportunity) yang merupakan langkah untuk meningkatkan pendidikan karakter anak, (3) strategi-strategi tersebut yaitu sebagai berikut: terus mempertahankan manajemen kurikulum yang baik serta sifat kurikulum yang dinamis dan progresif, memperluas branding sekolah sebagai sekolah alternatif gratis dan ramah anak yang menguatkan pendidikan karakter salah satunya melalui media sosial, mengikuti berbagai kegiatan kompetisi antar sekolah, bekerja sama atau berkolaborasi dengan pihak luar, serta selalu berupaya menyelaraskan visi misi antar fasilitator, volunteer, dengan wali murid sebagai wujud komitmen agen perubahan dan pemenuhan hak pendidikan anak. %K manajemen kurikulum; pendidikan karakter anak %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib71651